Hyena

March 13, 2007 at 3:23 p | Posted in Uncategorized | 10 Comments

Malem minggu kemarin aku ada janji kencan dengan 5 orang cowok sekaligus..

ok.. 3 orang cowok sekaligus

ok.. 2 orang cowok sekaligus

ok.. ok.. 1 orang cowok

well ok aku ngaku.. (o.. come on..)cuma dengan Buluk muter² surabaya dengan tujuan yang sangat jelas “tanpa tujuan”

di lampu merah depan nya Konjen Amerika, aku beruntung ngeliat dua orang yang sedang berantem karena mobil nya yang mulus kegores keranjang sepeda motor yang memang segede gaban

mereka berdua adu mulut,semua yang di omongin jelas kedengeran, karena aku hanya dua meter di belakang mereka, sambil nunggu traffic light jadi hijau

di dalam hati aku bilang ” come on.. gimme a great live show please..”, “hajar”, “sikat”, “terus… terus.. terus..” “halah kok cuma segitu sih?”

waw.. diam² aku memuji diri sendiri betapa oportunis nya aku, mengambil banyak keuntungan dari banyak kesusahan orang..

lah apa yang salah?? bukan nya dimana tanah di pijak disitu langit di junjung??, wajar donk kalo aku menyesuaikan diri dengan lingkungan dan budaya..

jadi diri sendiri?? ah repot, mending ikut arus, mending mendukung mayoritas, mending jadi penjilat, ngapain juga ngancem keselamatan diri sendiri, kata kakak ku, jujur pasti masuk penjara, protes pasti di culik, berontak pasti di pecat..

jadi orang baik?? emangnya “baik” yang gimana?? tetangga ku yang aku tau tukang korupsi, aku anggab baik karena sering kasih rantang, sering nyumbang speaker ke mesjid, sering ngasih sumbangan yang ngaujubila gede kalo ada gotong royong.. weh.. elok tenan..

kalo pas pilkades, sekonyong-konyong banyak banget orang baik, ngasih aku indomie, ngasih gula, ngasih minyak makan, ngasih kaos, saya mah enggak perduli itu dari “golongan mana”, “ntar harus nyoblos apa”, yang penting sih perut kenyang, teh ku manis, bisa nyamil pisang goreng, bisa pake baju baru..

enggak bermoral??, enggak beriman??  loh ya nanti kalo sak endonesa udah pada bermoral, udah pada beriman, udah nggak ada yang korupsi, aku baru ikut, sekarang nyela orang aja dulu, menghina sana menghina sini, aku kan merasa paling bener se dunia, kalo ada yang nggak sesuai dengan agama ku, pikiran ku, moral ku, dan tidak menguntungkan ku, semua itu pasti salah, pasti masuk neraka..

*hoeeeeeeeeeeeeeemmmmmmm*

10 Comments »

RSS feed for comments on this post.

  1. lah.. halah.. hayah.. walah.. weleh..

  2. wah, tulisannya ulan, mengingatkan saya pada syairnya Romo Ronggowarsito :
    (berikut kutipannya )
    Amenangi jaman edan
    Ewuh aya ing pambudi
    Melu edan nora tahan
    Yen tan melu anglakoni
    Boya kaduman melik
    Kaliren wekasanipun
    Ndilalah karsa Allah
    Begja-begjane kang lali
    Luwih begja kang eling lawan waspada
    ==================
    Terjemahan:
    Hidup pada jaman edan, memang serba repot dalam bertindak ( dilematis/pakewuh).
    Akan mengikuti gila tidak sampai hati ( gak tahan/gak betah ), tetapi kalau tidak mengikuti geraknya jaman
    tidak mendapat apapun juga. Akhirnya menderita kelaparan.
    Namun sudah menjadi kehendak Tuhan. Bagaimanapun juga walaupun orang yang lupa itu bahagia namun masih lebih bahagia lagi orang yang senantiasa ingat dan waspada.

    ===============
    Yen bakal nemoni jaman
    akeh janji ora ditetepi,
    wong nrajang sumpahe dhewe.
    Bareng jahat diangkat-angkat,
    bareng suci dibenci.
    Akeh manungsa ngutamakake reyal
    ———————
    terjemahan :
    jika suatu saat menemui jaman edan, banyak janji yang diingkari, orang melanggar sumpahnya sendiri. barang jahat diangkat, barang suci dibenci. Banyak orang lebih mengutamakan uang.
    ====================
    Sedulur padha cidra,
    kulawarga padha curiga,
    kanca dadi mungsuh,
    manungsa lali asale.
    Makarya sing apik manungsa padha isin.
    Luwih utama ngapusi.
    Kelakuan padha ganjil-ganjil.
    Wegah makarya kapengin urip.
    ————–
    terjemah:
    sesama saudara saling melukai, sesama anggota keluarga saling mencurigai, manusia lupa asalnya. Orang justru malu untuk berbuat baik. lebih utama berbohong. perbuatan banyak yang ganjil. Enggan berusaha tapi kepengen hidup.
    =========================
    Akeh wong mati kaliren ing sisihe pangan.
    Akeh wong nyekel bandha uripe sangsara.
    Sing edan bisa dandan.
    Wong waras kang adil uripe kapencil
    ————-
    Terjemah:
    Banyak orang mati kelaparan justru di samping makanan. Banyak orang kaya tapi hidupnya (hatinya) sengsara. Orang yang gila malah bisa bersolek. Orang jujur hidup prihatin.
    ====================
    Wong apik ditampik,
    wong jahat munggah pangkat.
    Akeh wong adol ngelmu.
    Akeh wong ngaku-aku,
    njaba putih njerone dhadhu.
    Ngakune suci, sucine palsu.
    —————
    terjemah:
    orang baik malah ditampik, wong jahat naik pangkat. banyak orang jual ilmu, banyak orang ngaku-ngaku. luarnya putih, dalamnya dadu. ngakunya suci, sucinya palsu….
    ===========================
    Semono iku bebasan
    Padu-padune kepengin
    Enggih mekoten man Doblang
    Bener ingkang angarani
    Nanging sajroning batin
    Sejatine nyamut-nyamut
    Wis tuwa arep apa
    Muhung mahas ing asepi
    Supayantuk pangaksamaning Hyang Suksma
    ——————-
    terjemahan :
    Yah, segalanya itu sebenarnya bersumber pada keinginan hatinya masing-masing. Betul bukan ?
    Memang benar kalau ada yang mengatakan demikian.
    Namun sebenarnya didalam hati repot juga. Sekarang sudah beranjak tua,
    apa pula sih yang hendak dicari. Lebih baik menyepi diri agar mendapat ampunan dari Tuhan……..

  3. @kamaleswara : kaya komo mas..heheheh..

    @mujib : weh.. elok..
    nemu dimana mas?? mau dunk mbaca..

  4. @ulan: ada bukunya. di google kan ada (sepotong-sepotong, gak lengkap). cuman hanya sebagian saja yg diterjemahkan ke bhs. indo. ada versi lengkapnya , sebagian yang belum itu aku nerjemahin sendiri ke bhs. indonesia (buat aku sendiri), sak mampu2ne. pokok bisa tak mengerti. kusimpen di kamar. kadang buat dibaca2 kalo mau tidur. hehe..

  5. kalo dapen emg merasa bertanggung jawab sm dunia ni ya mending jadi superhero ja. masi dibuka kok lowongan jd superhero. lgsg ja datang ke holywood ato bolywood.hehehe…

    aku seh udah males ngurusi ni semua. secara udah pensiun jadi superhero.
    mending bicara dengan diri sendiri. didalam diri sendiri. mengenal diri sendiri. mgkin lebih membahagiakan.

    karena aku yakin, skenario apapun yg telah dibuat oleh “mereka” adalah emang udah wajib dilewati oleh bumi ini sebagai konsekwensi pencitraan manusia.
    mengapa kita yg jadi repot padahal kita sendiri belon mengenal siapa sebenernya kita menurut kaca mata penciptaan.

    walahhhh,aku ngomong opo ki!!!
    yasudlah, selamat idup didunia fana!!!

  6. @mas mujib : weh kalo emang bahasa jawa beneran mah aku enggak ngerti arti nya..

    @didid : hehehe… jangan bilang siapa-siapa ya kalo aku sebenernya itu wonderwomen..
    jangan ada yang tau ya..

  7. huahauhauhauhu….
    akhir nya ada juga yang ngaku..
    good girl..

  8. @dj Indy : mmm.. jujur ya aku..

  9. aq asli spiderman aja kandha2 yhoo….

  10. ini jaman dulu..

    *upps*


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

