buta atau melihat??

March 18, 2008 at 3:23 p | Posted in cuma hasil menghayal | 34 Comments

aku perempuan buta sejak lahir, aku mengenal dunia dengan cara ku,
meraba,
merasakan,
lalu menciptakan visual dalam khayal ku, dunia tetap indah walau menurut orang aku cacat.

ibu ku orang yang terlalu keras mengusahakan aku agar aku bisa melihat lagi, dia banyak mengunjungi kamar mayat untuk mencari mata yang cocok untuk ku, dan dia berhasil,
aku pun bisa melihat..

saat pertama ada cahaya dan bayangan yang tertangkap oleh mata baruku, aku ketakutan setengah mati,
kepala ku pusing seperti mau pecah..
ada sesuatu berdiri di depan ku mencoba menenangkan aku, aku tidak tau siapa dia, bentuk nya aneh sekali, tapi dia bersuara seperti ibu ku,
mungkin itu lah bentuk ibu..

aku baru tau apa itu cahaya,
begitu menabjubkan..
sangat gemerlap..
aku bisa menghindari benda tanpa perlu meraba-raba, aku baru tau bentuk gelas, pintu, apel dan yang paling mencengangkan adalah saat aku menangkap bentuk aku dalam kaca,
kaca..
hebat sekali benda itu, bisa memantulkan aku, ibu, dan semua benda yang ada di depan nya, sangat hebat..

saat aku melihat aku di cermin, aku mengamati nya lamat-lamat, aku melihat rambutku yang pendek, gelap dan lurus, mataku indah, tidak sia-sia ibu mencari mata ini, bentuk tubuh yang menyenangkan, semua yang aku lihat dengan mata baru ku membuat aku tak mau berkedip, apa lagi tidur..

aku takjub melihat tulisan meliuk-liuk, aneh sekali dan ibu mengajari ku cara menulis nama ku, aku sangat bersyukur dengan nikmat baru yang Tuhan beri pada ku

tapi ternyata dunia tidak begitu ramah dengan orang yang bisa melihat, semua berubah saat aku menghadapi dunia dengan mata terbuka,
aku harus memperbaiki penampilan ku, karena tidak ada pemakluman lagi seperti dulu, aku harus bersaing dengan banyak orang untuk bekerja,
aku harus bersaing dengan banyak perempuan untuk di sukai laki-laki..

aku tidak tau lagi apa mata ini sebuah nikmat atau cobaan, nikmat ini membuat aku bertanggung jawab atas apa yang aku lihat, semakin sering aku menilai sesuatu dengan mata ku, mata yang hanya menangkap bayangan, dan aku menilai diri ku sendiri..

saat aku buta aku tidak perlu berusaha cantik, karena aku tidak tau apa itu jelek,
aku tidak perlu malu karena aku tidak tau saat aku di tonton,
aku melakukan sesuatu dengan kemauanku sendiri, dengan keikhlasan ku sendiri, karena aku tidak tau ada yang mengawasi,
dan aku tidak perlu pemandangan indah untuk membuat ku bahagia

aku tidak yakin lagi apa ini nikmat atau cobaan, setelah aku bisa melihat dunia, aku justru kehilangan dunia,
dunia ku yang dulu..
kegelapan juga dunia..
khayalan juga dunia..

saat aku ungkapkan ini pada ibu, ibu bersikeras bahwa ini adalah nikmat,
“setiap nikmat punya konsekuensi”
dan aku semakin sering memejamkan mata..

34 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. keadaan kdg tak sesuai dengan yg kita harapkan.
    kita maunya begini, tp ternyata kita tidak meraihnya.

    kenapa manusia tidak pernah puas yach??

  2. @ mbak Ina :
    saya pilih enggak pernah puas mbak..
    tapi dengan tambahan rasa syukur yang seimbang dengan ke tidak puasan saya..
    kalo tiba-tiba saya puas,
    nanti saya bisa turun pangkat jadi malaikat..
    nggak mau ah..

  3. Ada saatnya melihat dan ada saatnya memejamkan penglihatan, bukan begitu?

  4. apakah berarti buta lebih baik?
    setiap nikmat punya konsekuensi,
    barangkali buta juga nikmatπŸ˜‰
    karena ada konsekuensinya
    hihi, bener ga sih?

  5. selama bisa menikmati apa yg adaπŸ™‚
    eh bener ga pernah terpuaskan?
    hihihi

  6. worlds ‘aint a perfect place.. but that’s the way it is.

  7. eh klo si tokoh mau jadi buta lagi .. saya akan bilang “melihat aja ngga berani”

    *wah tulisan nya bagus.. ijinkan saya untuk tak masukkin ke rider

  8. huaaaaa….. padahal seharian chat, kok ndak kasih kabar kalo ada postingan seru macam ini, ulpe?!!!

    hm… mata itu jendela dunia!πŸ™‚

  9. wah bagus bgt , cuman yg bikin senyum, ketika tulisan
    “…ku tidak tau siapa dia, bentuk nya aneh sekali…”

    hihi, sadis bgt :p mungkin lebih ramah klo dibilang “bentuknya asing” halah emang mahluk asing.

    anyway -bagus bgt. aku suka.

  10. ass wr wb. mas/mbak itulah Allah memberikan kita cobaan agar kita dapat berkembang seperti skrg ini

  11. ::jadi enakan mana Lan, buta atau melihat..πŸ˜†

  12. Bagaimana anda tahu kalau tuhan memberikan nikmat itu, bukannya setan atau dokter?

  13. kadang keterbatasan membuat kita menyadari nikmat yang telah diberikan…

    *digetok*

    weh… sejak kapan gw sok bijak xP

  14. huhuhu
    melihat ketika buta, waktu giliran bisa ngeliat malah buta.
    kronis sekali.πŸ˜€

  15. Great power, great responsibility.

    Nyambung nggak ya?πŸ™„

  16. hIdup iNi susah,, ngjalani harus santai aja,,

    =–gag Nyambung..__-=++

  17. @ mas epat :
    ada saat nya saya tidur… ngeblog emang capek..

    @ om Goop :
    nah itu dia om, kemungkinan melihat itu juga cobaan..

    @ mas Edy :
    pernah donk kalo terpuaskan.. =P~
    eh.. maksud nya kemana nih.. jadi jorok..πŸ˜› hehehehhe..

    @ om Irdix :
    it is perfect om.. dunia sempurna..
    didalemnya juga kesempurnaan, kebaikan, kejahatan,keburukan, jelek, indah.. semua ada, sempurna kan dunia ini..
    justru kalo yang ada cuma baik, indah, dll, itu jadi enggak sempurna..

    @ mas funkshit :
    mmmm… iya ya.. melihat emang butuh keberanian yang besar mas, karena mungkin butuh jiwa besar juga untuk tidak sekedar melihat..

  18. @ mas Det :
    hehehehe.. kalo belom pengumuman berarti tulisan nya belom bagus om.. hehehehhe… eh semoga talk show nya sukses ya.. sukses juga buat TPC..
    semoga saya bisa beli buku dengan sukses juga..
    *mengharap diskon*

    @ mas faisal :
    hehehehhe… kalo sesuatu diluar apa yang pernah kita bayangkan kan jadi nya aneh mas, hehehehhe…liat south park deh mas.. di situ mereka men-vision kan bentuk Tuhan, kamu pasti dibuat tercengang, selanjutnya kamu bakal ketawa ngakak-ngakak.. heheheh, karena mereka menampilkan sosok Tuhan bener2 kontroversi.. hehehehe..

    @ mas maman-manis :
    Tuhan itu keren ya..

    @ mas Zal :
    enak kapan kita butuh kita bisa pake yang kita mau mas.. hehehhe.. aku kan egois kekekek..

    @ mas Daeng Fatah :
    sayang nya saya bukan atheis mas, jadi saya menganggap semua berasal dari satu sumber, melalui siapa pun itu enggak masalah, tapi itu semata-mata tanggapan saya tentang sumber, pendapat lain tidak akan saya bantah, apa lagi saya salahkan..

  19. ::yupe…sakarepku dewe, kata orang Jatim, sukak-sukak akulah..kata orang Medan… ya…ya..I knowlah..πŸ˜†

  20. org melek, bisa merasakan buta kapanpun… tapi orang buta? mereka ga punya pilihan. setiap kenikmatan punya konsekuensi, dan buta adalah konsekuensi yang terlalu berat, untuk kenikmatan apapun.

    sokbijak.net.id

  21. hehe… so that’s the way it is..

    *nggombal mode ON*

    duniaku tak sempurna tanpamu…

    *nggombal mode OFF*

    BYOOOOORRRRRRRRRRRRRRRRRRRR…..!!!

  22. Seperti pada film “at the first sight” karya oliver sacks.
    Pada akhirnya, memang, dia bisa melihat dengan matanya, tapi dia tidak memiliki pandangan terhadap apa yang dia lihat.

  23. @ mas Zal :
    hhehehehheheh… waduh maaf mas Zal, tulisan balesan di atas enggak sengaja tebel, lupa nutup soal nya hehehehehhe…

    @ mas Nesia :
    bener mas nesia orang yang bisa melihat bisa sewaktu2 menutup mata, tapi otak orang melihat tidak pernah merasakan apa yang dirasakan orang buta, sudah banyak hal yang ter visual kan di otak nya, tidak dengan orang buta yang menvisualkan benda dengan mandiri..
    sekali lagi itu menurut saya om nesia…
    btw, saya senang om nesia kembali dari hiatus..

    @ om Irdix yang lewat pintu samping :
    aduh… om… maaf padahal aku mau “meng-on-kan” nggombal mode ku, tapi kok macet ya jadi mode normal…
    BBBBBBBBBBYYYYYYYYYYYOOOOOOOOOOOORRRRRRRRRRRRR….πŸ˜›
    maaf mas.. lagi normal..

    @ mas Opomaneh :
    we…
    film apa itu mas? kayak nya bagus..

  24. maaf keloncatan…

    @ mas Dimasu :
    wooooo… iya mas… aku getok lagi ya mas.. biar enggak bijak..

    @ mas Bedh :πŸ™‚, udah coklat manis lagi.. brownis sekali.. lah.. kok enggak nyambung ya..

    @ mas Danalingga :
    kalo great power dengan power ranger agak nyambung mas… aku pilih google pink..
    eh.. nggak nyambung lagi..

    @ mas Pram :
    iya mas.. saya juga nyantai terus, abis nggak ada yang mau ngerepotin saya, padahal saya udah mohon-mohon.. tetep aja enggak ada yang minat.. apes..
    kok tetep nggak nyambung ya??

  25. wah posting ini memberikan pencerahan untuk menjaga mata kitaπŸ˜€

  26. well.. seperti kata pepatah..

    love is blind.. but why lingerie so popular??

    *kaburrr*

  27. Dibikin asik aja,,,hehe

    *memang bisa ya?*

    Kabur***πŸ˜›

  28. tulisanya dan makna yg dikandungnya dalem banget Bu.. keren, dari pesan penulis.. dapat sy terima menjadi salah satu pelajaran tentang hidup… yaitu MATA… gunakan mata dengan kornea, pupil, retina, dll utk melihat sesuatu scr fisik, namun bukan semata-mata hanya mata fisik itu saja yg dilihat.. mata hati…

  29. Yang saya belum jelas, akhirnya mata nya nemu di kamar mayat mana?? :-??

  30. jadi semakin cinta dengan gelap..

  31. @ mas Arul :
    mas arul bisa aja… jadi pengen malu…

    @ maling!!! maling!!!! :
    om irdix.. wong pintu nya aku buka kok njenengan lewat cendela sih.. ampir aku getok pake penggorengan..

    @ mbak Anggie :
    di usahakan mbak.. huhuhuhu…

    @ mas FAuzanSigma :
    waduuuuuhhhhhh… mas fauzan kerennn bisa nangkep maksud nya…
    *padahal aku sendiri enggak nangkep-nangkep.. dasat lemot*..

    @ Ko besar :
    nemu nya di kamar mayat RSH, rumah sakit hewan.. jadi nemu nya mata kadal.. keren ya om…
    ko.. blog nya di update donk.. aku kan sering berkunjung kesana..

    @ mbak Stey :
    *ngadu ke Iblis*
    mas… mas… mbak stey selingkuh ama cowok nama nya gelap….
    *ampun mbaaaaaakkkk….*

  32. Nikmat atau azab, itu hanya sudut pandang. Geser dikit, yg semula nikmat bisa jadi azab, yg semula azab bisa jadi nikmat. So, bersyukur ajalah. Yg penting, gak buta hati.πŸ˜‰ *halah, kok jadi bijak gw ya? aneh!*πŸ˜†

  33. jika sampai 2 mata itu memang tidak mampu melihat.,
    setidaknya mata hati masih dapat melihat.

    lalu jika akhirnya mata itu mampu melihat.,
    usahakanlah mata hati tidak malah menjadi buta.

    aku yakin., mbak ulan adalah orang yang mampu melihat dengan 2 mata itu dah mata hatinya secara bersamaanπŸ˜€

  34. Kalo aQ mlhan uda divonis dokter jd buta,
    Tp aku justru ingin bisa melihat indahnya duniaku….
    Tapi aku yakin Dokter itu cuman manusia biasa….Ya kan ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: