Jakarta Satu Kata

April 20, 2014 at 3:23 p | Posted in lucu | 9 Comments

Berdasarkan pengetahuan dan pengalaman, apa yang terlintas dalam pikiran, jika anda merangkum kota Jakarta dalam satu kata? Apakah pikiran anda memutar memori menyenangkan tentang kota ini? Atau mengingatkan pada kenangan buruk?

Jakarta adalah daerah khusus ibu kota, yang berpenduduk 9,7 juta jiwa di tahun 2012. Menjadikan kota Jakarta sebagai kota terpadat di Indonesia. Sebagian besar kepadatan disumbang oleh pendatang dari berbagai daerah bahkan negara. Jika kita bandingkan 69 tahun yang lalu, saat Indonesia merdeka, penduduk Jakarta hanya 600 ribu jiwa, lalu meningkat 3 kali lipat dalam waktu hanya 5 tahun menjadi 1,7 juta jiwa di tahun 1950.

Mengapa Jakarta? Mengapa pendatang dari berbagai daerah di Indonesia tertarik untuk datang ke kota Jakarta? Sementara, dari hastag #JakartaSatuKata yang saya mainkan pada hari jumat tgl 18 April lalu, membuktikan bahwa banyak sekali kata yang tidak menyenangkan tentang kota ini.

Berikut dua contoh twitter dengan hastag #JakartaSatuKata dan #InfoJakarta :

1

2

Dari dua tanggapan twitter saya diatas, Jakarta Dapat disimpulkan. seperti itulah keadaan Jakarta, sebagaimana nara sumber lainnya juga mendukung pernyataan bahwa Jakarta merupakan kota yang menjanjikan kehidupan yang lebih baik secara materil.

selain survey kecil di twitter, saya juga berkesempatan menanyakan langsung pada para pendatang yang memutuskan untuk menetap di Jakarta.

 

IMG_39051

 

Jakarta itu soal orang-orang di dalamnya.”
Andi Fachri @andiFa (Single 29 tahun)
Finance Analist.
Asal kota Semarang. Di Jakarta sudah 3 tahun. Memilih Jakarta sebagai kota perantauan karena karir yang dipilih, hanya tersedia di Jakarta.

IMG_38901

 

Jakarta macet, sih. Tapi melatih kesabaran. Bagi saya, Jakarta adalah Melting Pot kehidupan”
Lukman Simba @lukmansimbah (Single 31 tahun)
Life Recorder, Urban planner cum social activist
Asal kota Surabaya. Di Jakarta sudah 1 tahun. Memilih Jakarta sebagai kota perantauan karena oportunity yang ditawarkan kota ini lebih banyak dari kota asal.

Jakarta memang tidak bisa dirangkum dengan hanya satu kata. Mengingat begitu banyak hal di dalamnya. Jakarta juga bukan kota yang ramah untuk para pendatang maupun penduduknya sendiri. Namun, Jakarta menjanjikan lebih banyak hal dibanding kota lain di Indonesia. Meski Jakarta punya sisi gelap disetiap ceritanya, Jakarta tak pernah kehilangan pesona bagi siapa saja. Bagaimana Jakarta anda?

9 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. #jakartasatukata RUWET

  2. test gan

  3. test 2

  4. salam kenal

  5. Alangkah mengerikannya menjadi tua dengan kenangan masa muda yang berisi kemacetan jalan, ketakutan datang terlambat ke kantor, tugas-tugas rutin yang tidak mengunggah semangat, dan kehidupan seperti mesin, yang hanya akan berakhir dengan pensiunan tidak seberapa #SenoGumiraAjidarma

  6. belum pernah ke jakarta

  7. udah lama ga main ke jakarta .. hehe

  8. Kunjungan malam, ijin ninggalin jejak bro …

  9. 3 kata , belum pernah kesono😄


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: