This is Me

November 2, 2014 at 3:23 p | Posted in lucu | 20 Comments

Define Introvert :A term introduced by the psychologist Carl Jung to describe a person whose motives and actions are directed inward. Introverts tend to be preoccupied with their own thoughts and feelings and minimize their contact with other people.

introvert7

Aku men-Judge diriku sendiri dengan menggolongkan diri ke dalam kelompok sifat ini. Alasan sederhananya, karena aku menemukan ciri-ciri Introvert di dalam diriku. Sebagian kecil dari ciri-cirinya sebagai berikut :

1. Lebih betah di rumah daripada keluar tanpa tujuan
2. Traveling dan bertemu orang baru, sepertinya bukan untukku
3. Chit-Chat atau basa-basi itu pekerjaan berat. ini serius.
4. Setelah ketemu dengan orang banyak, aku butuh waktu untuk sendirian lebih lama.
5. Pendengar yang baik
6. Hanya bisa relax dengan orang yang benar-benar dekat.
7. Lebih suka diskusi mendalam sampai pagi, daripada basa-basi
8. Tidak suka bicara lewat telepon berlama-lama. Apalagi cuma ngobrol tanpa kepentingan.
9. curhat? apa itu?

introvert9

Sayangnya, orang-orang Introvert suka disalahartikan dengan:

1. Sombong

introvert8

Introvert sering sekali disalah artikan dengan “Sombong”, padahal sebenarnya “takut mengganggu”.
Introvert tidak nyaman menyapa orang dahulu, karena takut orang tersebut malu di sapa. Introvert merasa tidak enak untuk telpon duluan, karena takut waktunya tidak tepat. Begitu juga dengan SMS duluan dan chat duluan. Selain itu, Introvert merasa enggan berbasa-basi dengan kasir swalayan, ngobrol saat dipijat, atau disapa oleh  orang yang duduk di sebelah dalam pesawat. Enggan karena mengukur dari dirinya sendiri, Introvert tidak nyaman disapa oleh orang yang tidak dikenal, dan melakukan basa-basi. Karena itu Introvert tidak melakukan sebaliknya. Bukankah apa yang tidak ingin orang lain lakukan pada anda, jangan anda lakukan pada orang lain?

2. Stress

introvert11

Introvert sering dianggap sedang mengalami masa stress. Terutama saat Introvert sedang berada di tengah keramaian. Tidak sepenuhnya salah, Introvert memang tidak merasa nyaman berada di tengah keramaian. Introvert bisa jadi pembicara yang baik, penceramah yang bagus, atau pengajar yang handal, tapi, jika pada saat face to face dan harus berbasa-basi, Introvert merasa itu menghabiskan energi dan menjemukan, karena itulah Intrvert lantas terlihat stress. Jika sudah demikian, yang Introvert perlukan adalah waktu untuk sendirian sebelum kembali kedalam keramaian lagi. Saya pribadi, suka dengan tempat ramai seperti Club malam / tempat dugem, atau nonton live music, tapi dengan syarat, saya berada di pojok ruangan yang gelap dan tidak terlihat. Intinya, melihat tanpa terlihat.

3. Suka Menilai Orang

introvert6

Terlepas dari menilai atau tidak, Introvert suka “watch and silent”. Introvert suka melakukan observasi pada apa saja, terutama lingkungan baru dan orang baru. Tidak mudah bagi Introvert untuk nyaman dengan lingkungan dan orang baru terutama jika lingkungan baru tersebut melibatkan dengan orang banyak. Introvert tidak melakukan curhat dengan banyak orang, bahkan untuk beberapa hal, mereka bahkan tidak bicara pada siapapun. Bagi Introvert, sekedar ditanya jam oleh orang asing, sudah membuat Introvert sudah pasang tameng agar tidak ada pembicaraan selanjutnya.

4. Aneh

introvert5

Introvert sering dianggap aneh, karena Extrovert dan Ambivert tidak merasa introvert itu sebagai jenis kepribadian normal. Kebanyakan Introvert dianggap sebagai kekurangan atau kerusakan. Prilaku menghindari orang lain sering dianggap sesuatu yang menyimpang dari kenormalan.

Di sisi saya sendiri, saya Introvert yang menyukai pribadi saya. Meski jika dianggap itu sebagai suatu kekurangan. Jika saya masih mampu bertahan di keramaian, saya akan bertahan. Jika menjemukan dan membuat saya tidak nyaman, ya saya akan menarik diri. Sesimple itu.

Introvert mungkin dianggap aneh karena ketidakmampuannya untuk mengutarakan perasaannya, dan langsung bersembunyi / menarik diri. Sebaliknya, Introvert sebenarnya cerewet, hanya saja mereka tidak dengan mulutnya, melainkan dengan otaknya. Karena itu introvert gampang lelah, karena berfikir memang menghabiskan banyak energi. Otak yang banyak bekerja di sini, tidak berarti “pintar” dalam hal akademis. Menjadi Introvert tidak lantas serta merta ia jadi punya IP tinggi.

Introvert menyerap semua apa yang menarik di pandangan dan pendengarannya. Di keramaian, atau bersama orang lain, membuat Introvert kehabisan energi karena banyak yang diserap. Setelah lelah dengan keramaian, menyendiri adalah cara Introvert mengisi kembali energinya

introvert13

Orang dengan kepribadian Introvert suka hidup dalam dunianya sendiri. Tapi Introvert bukan penyakit, bukan kerusakan. Introvert tidak perlu diperbaiki. Tidak perlu diobati. Tolong jangan repot-repot. Introvert sama halnya dengan Extrovert dan Ambivert, ini sekedar jenis kepribadian.

Introvert cukup selektif dalam memilih orang-orang yang bisa dekat dengan mereka. Biasanya si-Introvert lah yang memilih dengan siapa mereka akan membuka sedikit pintunya, lalu, yang melangkah masuk tetap sang tamu, karena Introvert hanya membukakan pintu. Jika sang Tamu tidak masuk, maka pintu akan ditutup kembali. Introvert tidak suka memaksa orang lain masuk ke dalam dunianya.

introvert12

Sekali orang lain masuk dalam dunianya, Introvert akan membukakan  banyak hal. Anda lantas tahu betapa humorisnya dia, atau betapa cerewetnya si Introvert. Ia juga akan berbagi dan membantu anda dengan tulus. Introvert pada umumnya orang yang setia. Bukan hanya dengan pasangan, Introvert setia dengan banyak hal, seperti makanan, tempat, bahkan waktu. Contohnya, saya punya langganan makan yang lebih dari 10 tahun. Dalam 10 tahun, saya makan menu yang sama, minum yang sama, dan datang ke tempat tsb  pada waktu yang sama. Bahkan ketika sebuah kejadian, tas saya ditarik oleh jambret di tempat itu, saya masih terus datang dan datang lagi. Saya terpaksa berhenti berlangganan karena harus pindah kota.

Mendekati orang introvert sebenarnya tidak susah juga, cobalah untuk jinak-jinak merpati, dan sensitif dengan tanda-tanda yang mereka utarakan. Jika mereka memberi “kode” bahwa mereka ingin sendiri, ya biarkanlah. Jika mereka ingin anda ada di sekitar mereka, mereka akan melontarkan “kode” lainnya. Terdengar Egois bukan?

Sekali lagi, Introvert bukan sakit. Bukan kekurangan. Jadi tolong jangan mencoba menyembuhkan atau mengubah  kami.

20 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. this is my rule, and you know it
    dengan kata lain, gak bisa diubah ya mba?
    susah mencoba?
    dan lebiih banyak berfikiran negatif sebelum mencoba?
    tolong dibenarkan kalau aku salah eheeehe

    salam @slamsr

    • Enggak ada yang negatif.
      Sama halnya Introvert memandang Extrovert.

      Introvert: kok bisa sih seharian nongkrong terus?
      Extrovert: kok bisa sih ngerem terus di kamar?
      Ambivert: yaelah lu pade gengges banget sih!

      Di ketiga sifat nggak ada yang salah, nggak ada yang negatif. Memang paling ideal adalah yang Ambivert, tapi tetap itu kecenderungan masing-masing individu.

      Introvert bukan kekurangan, jadi tidak butuh tambal sulam.

      introvert: kuping lebih banyak bekerja daripada mulut
      Extrovert: mulut lebih banyak bekerja daripada kuping
      Ambivert: ngomong sambil denger

      Jadi tinggal bagaimana get along ama sifat lain aja sih

  2. love you :*

  3. Padahal, orang introvert itu humoris. Btw, dulu sudah pernah bilang.begitu..🙂

  4. Yeeee… Hidup introvert

    • Introvert bersatu tak terkalahkan *tetep di pojokan*

  5. mungkin aku pun sebenarnya termasuk ke dalam itu. dulunya begitu, banget
    tapi entahlah, sekarang ada beberapa bagian yang aku rasa berubah
    jadi makin penasaran ingin salaman lalu mendengarkan cerita2 langsung dari njenengan, entah kapan, entah dimana..

    • Hayuk dischedule-kan kalo njenengan lagi woles di jakarta

  6. Haaaiii, aku menikmati tulisan ini dan merindukan berbincang banyak denganmu,

    semoga masih menikmati english breakfast meskipun kamu tidak terlalu menyukai kopi🙂 have a great day ehhehe

    • Hahahaha iya masih suka english breakfast banget. Iya masih nggak terlalu suka kopi. Dan iya masih suka diskusi-diskusi sampai pagi.

      • jadi sebenarnya suka Jasmine tea apa English Breakfast

  7. dari awal ketemu mbak ulan udah menduga orgnya kaya gitu. hehehe
    dulunya aku jg gitu, dibilangin “kok setiap hari dirumah terus. keluar sanah” dan ditambah pekerjaan2 yang memaksakan untuk berinteraksi sama org lain jadinya berubah sendiri.

    dulu jg pernah ngobrol2 sama blogger lain, trus mereka ada yang blg “ah mbak ulan mah bukannya gak suka komen2, tapi dianya emang silent reader” wekekeke

    however, you’re unique and one of a kind. (eh lupa ding, introvert suka gak ngerasa kalo dipuji hehehehe)

    mau dibilang sombong aneh stress poko’e aku fans mbak ulan nomor satu. uyey

  8. kurang lebihnya mirip sama kehidupan ane ..hehe

  9. Kunjungan malam, ijin ninggalin jejak bro …

  10. Saya Introvert😄

  11. Introvert sebenarnya tidak akan bilang dia kesepian . karena mereka bahagia sendirian😀 Nice Post

  12. Banyak yang ngaku introvert padahal kalo di luar …..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: