Tulis apa aja..

boleh nulis apa aja disini..

219 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. sumpah boleh nulis apa aja??

    • nenk

    • Asslamu.alakum, namaku Adhi, umur 31 tahun sudah bekerja, pendidikan S2, aku sedang mencari wanita yang bisa dijadikan pasangan hidup, yg punya sifat seoerti saya paling tidak mendekati, yaitu. : sederhana, apa adanya, peduli kepada sesama. serius : adhinegoropurnomo@ymail.com

      • buset dah. cari jodoh lewat blog =))

      • TOP dah . . .

      • Hahahaha….

  2. beneran??

    • aku laki-laki hiper sex, kalau ada yang bth kepuasan hub. aku

  3. yakin boleh nulis apa aja??

  4. hmmm… kalo gitu aku nulis apa yah enaknya…

    kasih ide dong..

  5. ga ada ide yah.. ya wis.. ntar aja kalo ada ide kasi tau yah..

    • kamu butuh curhat hub sy 081289389115

  6. beneran loh.. tak tunggu loh..

  7. ya wis.. itu aja dulu..

    *kabur ngakak.. jingkrak2 menang*

  8. HADOOOOOOOOOOOOOOOHHHHHHHHHHH….
    ya wes pasrah wes..

  9. gimana cara nulis yang bener,bingun juga klo mo nulis gimana cara mulainya?

  10. mbak…
    laper…

  11. ngantuk pisan.. sekarang jam 3:44 AM

  12. mana kebelet pup pisan..
    bengong di parkiran Mc D sanmar pisan..
    lapo ya iki enak’e…

    • aku cinta kamu

  13. pup sek ah…
    trus pulang..

  14. *ngakak !! *

  15. APA AJA

  16. apa’an sih ini?

  17. iya.. apa sih ini ??

  18. Sebelum Menikah ………… .

    Cowok : Akhirnya aku sudah menunggu saat ini tiba sejak lama
    Cewek : Apakah kau rela kalau aku pergi ?
    Cowok : Tentu Tidak!!Jangan pernah kau berpikiran seperti itu
    Cewek : Apakah Kau mencintaiku ??
    Cowok : Tentu !! Selamanya akan tetap begitu
    Cewek : Apakah kau pernah selingkuh ??
    Cowok : Tidak !! Aku tak akan pernah melakukan hal buruk itu
    Cewek : Maukah kau menciumku ??
    Cowok : Ya
    Cewek : Sayangku…. …

    Sesudah 5 tahun nikah….tinggal baca dari bawah ke atas

  19. Pokok’e Nulis..
    asline nyampah komennt hihihi

  20. hehehehehe….spam dikit ah😛

  21. ,-.
    , ,-. ,-.
    / \ ( )-( )
    \ | ,.>-( )-<
    \|,’ ( )-( )
    Y ___`-‘ `-‘
    |/__/ `-‘
    |
    |
    |
    ___|_____________

  22. humm nulis apa yah ..??😛

  23. Ga sempat nulis. sibuk ngetik.

  24. mbak..

  25. maaf ya..

  26. kemarin

  27. aduhhh… gambar header-nya itu lagi ngapain???
    😕

  28. mbak…

  29. aku..

  30. minta

  31. maaf

  32. ya..

  33. kalo

  34. ngejunk

  35. irdix ga kreatip wekk….

  36. +1
    sebelum di lock sama momod..
    lumayan nambah2in postingan…

  37. yes akhirnya ada yang nyediain tempat nyampah….

  38. sekrang aku mo…..
    nyampah….pah,….pah,…pah…..

  39. aku mo…..
    nyampah….pah,….pah,…pah…..
    lagi…..

  40. biar hetrik nyampahnya, sekali lagi ah….
    nyampah….pah,….pah,…pah…..

  41. *langsung minggat dengan hati puas:mrgreen: *

  42. boleh nulis apa mbak disini ?
    disini boleh nulis apa mbak ?
    boleh nulis apa aja disini ?
    boleh ya?
    boleh apa?
    oh…. nulis…..?!
    nulis apa ?
    apa aja yah ?
    boleh ?

  43. nulis apa ya…

    hmm…

    bingung…

    ah…

    laper😀

  44. aku ikutan nulis ah…

    “tulis apa aja”

    • tomi hp 081289389115 hubungin aku mau curhat ya

      • ya tante aku bantu

    • ajang spam yak? hahaha…

  45. aku nulis apa ya? salam aja deh….

  46. saya siapa ya?

  47. wah ikutan ah,,,,
    nulis apa aja kan,,, “nulis”…
    hehehe

  48. barter link!

  49. bingung

  50. mau nulis apa

  51. ulan kau begictu andung-andung,
    jadinya wulan andung-andung dech..

  52. boleh nulis “apa aja di sini”

    kalau nulis apa aja di sana boleh ngga?
    kalau nulis apa aja di situ boleh ngga?
    kalau nulis apa aja di mari boleh ngga?

    kalau nulis lam kenal juga ke situ boleh ngga?

    “Nulis naon wae lah kumaha silaing, loba tatanya pisan! Digegel siah ku aing, Gog!”

    -Maap-

  53. Nulis tulisan yang ada artinya yakni artinya adalah makna itu sendiri….
    gak jelas kan…

  54. boleh nulis apa aja disini..

    Berarti yang boleh ditulis cuma : nulis apa aja disini..

    Gitu yah mbak..??

  55. mampirrrr………..

  56. salam….😀

  57. Mau nulis apa ya? dari tadi binggung mau nulis apa? ada yang bisa bantu…

    Ulan..
    Salam buat Wori🙂

  58. seneng mampir kesini, meski blm lama dan cuma beberapa kali…
    dari yg udah dibaca tulisannya ringan dan lucu.

    tapi tulisan fav. saya sih yg judulnya “KERTAS”…

  59. blom ada tulisan baru nih mbak…?

  60. ah, ngejunk boleh khan? atau nyampah yang gak berguna juga boleh to? yah namanya juga diperbolehkan ngapain aja kok. mari kita santai santai di sini sambil melancarkan jari-jari dalam mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard tanpa melakukan kesalahan apapun dalam sepuluh menit bisa mengetikkan berapa kata? ah kalo saya sih nggak banyak. mungkin seribu kata. mungkin juga indonesia memang sebuah negara gagal karena banyak sekali korupsi di sini. apabila tidak ada yang korupsi maka namanya juga indonesia. kalo tidak ada yang ngejunk, namanya juga bukan blog asal indonesia. kenapa? ya memang indonesia adalah gudangnya blogger yang suka ngejunk. selain indonesia, rusia dan cina adalah negara yang paling suka ngejunk. tapi kenapa nggak ada orang rusia yang ngejunk. kemana orang china yang suka nyampah? ah, aku akhirnya capek juga. nulis tidak ada gunanya. paling-paling si ulan cuma senyum saja baca postingan ini. hai ulan. aku sudah menulis di sini. awal kalo kamu ngejunk di blogku. pasti aku delete tanpa ampun. begitu!

  61. tralallallaaaaa………..
    trilililiiiiiii………..

  62. mbak..blognyah aku link yah!!!jangan lupa link balik!!!

  63. aku tetap tulis andalanku MET KENAL ya?

  64. apa aja.

  65. jenk, aq berkunjung u/ perkenalan lam balik yoo

  66. kok di bolehin… hahahahha jadi nulis deh

  67. apa aja
    Lha wong di atas nyuruh nulis “apa aja”

  68. cuma mau ketawa ketiwi trus nguyu kekel kekel😀

  69. Salam Kenal,
    Kapan-kapan share …

  70. apa aja kan?…salam kenal…..

  71. salam kenal juga..

  72. Salam Kenal dari anak SOLO…

  73. http://mywrotes.wordpress.com/

  74. Masih mau ikut pelatihan menulis dengan harga 950 ribu rupiah?
    Banyak orang beranggapan pelatihan menulis yang kami adakan mahal. Padahal jika dibandingkan pelatihan sejenis, pelatihan menulis kami sangatlah murah.
    Sebagai perbandingan pelatihan menulis kami menampilkan minimal 4 mentor dalam dua hari pelatihan. Dengan bayaran mentor yang jutaan, karena memang mentor yang kami pilih adalah mentor yang sudah menulis buku (bukan konseptor ataupun orang baru dalam dunia perbukuan).
    Yang kedua adalah metode pelatihan kami yang berbeda dengan pelatihan menulis lainnya. Jujur saja, ketika kami membuat konsep pelatihan, kami berusaha menyajikan sebuah konsep yang berbeda dengan pelatihan sejenis. Mengapa? Karena kami ingin membuat anda menjadi seorang penulis sebenarnya. Bukan seorang yang mengikuti pelatihan lantas menghilang tanpa jejak. Ini semua adalah pr besar untuk kami yang akan dijalankan paska pelatihan.
    Tidak banyak orang yang mengerti tapi kami yakin anda adalah orang yang hebat, yang mengerti arti penting sebuah visi besar. Ya kami ingin mempunyai visi besar mencetak penulis-penulis hebat yang bukan hanya jago kandang, namun kami ingin menjadi sebuah wadah bagi orang-orang yang concern dan peduli pada dunia penulisan dan perbukuan di Indonesia.
    950 ribu itu tidak mahal karena apa?
    Banyak orang berpikir pelatihan kami berharga mahal, tapi kami menyajikan beragam manfaat yang nilainya sangat jauh dengan nilai yang dibayarkan. Fasilitas pertama adalah anda akan mendapatkan cd data base peserta pelatihan dan data base IKAPI senilai 250 ribu rupiah.
    CD ini adalah cd yang bukan sembarangan cd, sebab kami melengkapi data base terbaru penerbit-penerbit IKAPI, jadi anda tidak akan repot-repot mencari alamat-alamat penerbit yang anda ingin datangi. Karena cd kami mencakup seluruh penerbit di seluruh Indonesia.
    Selain mendapatkan CD Data Base senilai 250 ribu rupiah anda akan mendapatkan fasilitas yang tidak kalah penting, yaitu mendapatkan discount spesial mengikuti kelas menulis skenario senilai 100 ribu rupiah.
    Banyaknya sinetron yang tumbuh, membuat penulis skenario menjadi ladang yang subur bagi banyak kalangan dan hal ini kami sadari sedari dulu. Hingga akhirnya kami melihat ini sebagai sebuah fenomena yang harus disikapi dengan cerdik. Karena dengan bekal kemampuan menulis skenario yang kita miliki, kita bisa menjadikan salah satu alternative pekerjaan baru yang tidak akan pernah ada habisnya.
    Konsultasi dengan mentor dari awal penulisan sampai buku diterbitkan, kami berikan kepada anda gratis dengan nilai nominal sebenarnya 1 juta rupiah.
    Kesempatan berharga ini tidak akan ditemui di tempat lain, hanya anda anggota kami yang bisa mendapatkan semua akses tersebut. Jadi dengan membayar 950 ribu rupiah anda mendapatkan SATU JUTA TIGA RATUS LIMA PULUH RIBU RUPIAH ( Rp. 1.350.000 ).
    Saya rasa anda harus berpikir ulang untuk melihat harga tersebut mahal atau tidak. Dengan selisih harga tersebut, saya yakin anda bijaksana menyiapkan waktu untuk anda untuk mengikuti pelatihan yang kami adakan.
    TAPI TUNGGU DULU, jika anda merasa pelatihan kami masih mahal, kami akan turunkan harga menjadi 850 ribu rupiah dengan syarat anda melampirkan kupon dari buku Living Like a Puzzle karya Irawan Senda.
    Penawaran yang bijaksana bukan. Jadi tunggu apa lagi?
    Ayo ikuti pelatihan menulis novel dengan mentor
    Pipit Senja (Penulis novel-novel best seller, Aktivis FLP dan Penulis Tuhan Jangan Tinggalkan Aku-Republika)
    Enno Al Khairity*
    Penulis buku best seller “Cerminan Hati Ikhlas”
    Syamsahawa
    Penulis Chicklit Islami.
    Koko Nata Kusuma
    Kordinator FLP Jakarta dan penulis Rahasia Cowok terbitan FLP.
    Irawan Senda
    Penulis Buku Living Like a Puzzle – Inspirasi Baru Untuk Kesuksesan Anda.
    Akbar
    Penulis Buku Anak-anak
    Waktu Pelaksanaan : Sabtu dan Minggu 23 dan 24 Agustus 2008
    Tempat Pelaksanaan : MP Book Point Jl. Puri Mutiara Raya No. 72 Jeruk Purut Cipete Jakarta Selatan
    Durasi : 08.00-16.30 WIB

    Pendaftaran bisa dilakukan di :
    Jakarta Selatan
    Gedung MP Book Point
    Jl Mutiara Raya No.72
    Telp. 02175910212
    Jakarta Timur
    Jl.Mustika 2 No.27 Rawamangun (Belakang Apotik Rini)
    Dengan saudara Akbar Telp. 08176821585

    Pembayaran dapat melalui Bank Mandiri Syariah Cab.Rawamangun dengan nomor rekening 0390011030 atas nama Senda Irawan Pratono. Atau bisa bayar langsung di tempat pendaftaran. (Pendaftaran di tutup tanggal 21 Agustus 2008).

    Nb :
    * Dalam proses konfirmasi
    ** Sertifikat akan kami berikan kepada peserta yang telah berhasil menerbitkan buku dan akan kami serahkan ketika berhasil melaunching bukunya.

  75. nih yang si senda ngeyel ya, udah dibilang disuruh nulis “apa aja” eh dianya malah promosi…
    Mbak, senda nakaaalll…
    “Kompor Mode On”

  76. aduh… kayanya ada yang aneh ama kamu?

  77. blogholic…….semua ya

  78. tulis apa aja..

  79. mbak ulan hebat.

  80. sumpah keren banget.

  81. mbak ulan luar biasa.

  82. mbak., ajarin aku mengeja mbak…

  83. aku ndak isa.

  84. saya datang untuk menulis lagi ya….
    boleh ya….

  85. Bosen… nunggu lama… Argh! Ngapain ya… :p

  86. tulis apa aja disini, heheh
    slm knl y😉

  87. Halo Mba Ulan, salam kenal. saya tau blognya dari Mas Irdi..blognya bagus… aku link ke blog aku ya… makasih.

    -desty-

  88. katro…………

  89. Berbuat salah adalah bagian dari hidup…
    Tidak pernah salah seperti tidak hidup…
    Memaafkan kesalahan membuat hidup lebih hidup…

    Taqobbalallahu minnaa wa minkum…
    Mohon maaf lahir dan bathin…

  90. hmmm…
    nulis opo ya…?
    wah ga ada ide..
    opo ya?
    ulan… kamu lagi apa?

  91. 😀

  92. hemmm…aku absen ya

  93. MET LEBARAN, salam hangat selalu

  94. ikutan nulis ahhhh…

    mau nulis apa yach mbak…

    nulis “SALAM” aja dech

    S A L A M

  95. D I Y

    aaarggggggghhhhhhhhhhhhh….

  96. Numpang-numpang orang ganteng mau numpang nulis, he… hee… heee.
    Ok
    Salam Damai…

  97. pesen gambar vektor, kunjungi http://dzofar.com

    huwekekeke…

  98. ehm….bebas nulis neh???? nulis apah ajah???

  99. mampir ke blog gue ya…

    http://creativezone.zxq.net

  100. mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!
    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

    mbak….mandi….katanya lom mandi…!!!

  101. .,”?!:;’ tanda baca!

  102. blom update yah mbak ulan ?????????

  103. halo, mbak ulan….
    Unique blog! Visit balik dunkz… Thanks tha tha

  104. berapa harga rujak cingur sekarang yah mbak ??????

  105. lan kenalan dong!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  106. salam kenal mbak,
    Met malem, maaf mengganggu sebentar, ini mang dari ciamis jawa barat mo bikin acara dalam rangka memperingati hari Pahlawan tanggal 10 Nopember nanti, untuk detailnya bisa dilihat disini http://shannypersonalblog.wordpress.com/2008/11/02/menyambut-hari-pahlawan/, semoga bisa bergabung dalam acara tersebut yang merupakan wujud kepedulian kita sebagai blogger terhadap perjuangan para pahlawan bangsa, kalo berkenan juga tolong untuk di infokan kepada yang lain, terima kasih, wassalam

  107. sudah lama tak berkunjung ke tempatmu. pa cabar. ayo tulis.semangat okey!
    salam hangat selalu

  108. menulis tak ubahnya seperti menjadi
    layaknya menjelma matahari
    mencerahkan….
    selamat pagi matahari!!!

  109. SLM KNL MA ULAN, BLH GBNG GA NICH?

  110. UJUNG JALAN GA DA TEPI
    UJUNG SAYANG GA DA BATAS
    UJUNG MA UJUNG JADI SATU.

  111. jangan pernah katakan kamu sedang malas menulis,ya!
    salam hangat selalu

  112. hmmmmmmmmm….. meoongggggg… ada ikan goreng gakkk… laperrr nihhh di luar hujann..banjirrr.. hikss…

  113. mbaaaaakkkkkk…

  114. ikutan nyampah, akhirnya ada jg yang memberikuu tempat yang bisa bikin aku nulis sak karepku….

  115. Ulan, mampir yah di gruda01.wordpress.com. Makasih atas inspirasinya ke wordpress.

  116. andalan tenan.

  117. mbaaak!!!

    cappucino satu!!
    yang manis!!
    tapi pake gula herbal!! *emang ada?!
    ah, pokoknya itu << belajar egois!!

    woi!!!!
    lamaaaaaa!!!!!!

  118. tuhan sayang tuhanku sayang
    api membara dan gumpalan es kau ciptakan
    resep ilmu serta karakteristik kau sampaikan
    tapi mengapa aku sering terbalik
    api sering ku caci ,ku maki ,ku benci ,ku hina
    saat aku butuh gumpalan es yg dingin
    kadang gumpalan es kuperlakukan yg sama saat ku butuh apai
    oh tuhan
    maafkan kebodohanku
    maafkan kecerobohanku
    tuhan sayang tuhanku sayang
    jadikan aku kekasihmu yg selalu
    memahami kehendakmu dan takdirmu
    agar aku tak terpisah oleh apapun selainmu
    tuhan sayang tuhanku sayang

    rangga

  119. hweee. . . .
    mbak. . . .
    sweneng bwanget liat njenengan ktawa. . . .
    mwantwab bwanged. . . .
    lepass. . . .!!!

  120. huuuuhhhh….. seeeppppp

  121. Wow…mantap..tenan…bisa kita berbisnis…

  122. nulis apa aja

  123. SELAMAT TAHUN BARU YA…………….. N SALAM KENAL………………

  124. sang gagak…
    ktika sang gagak berkoak – koak…
    menerjang badai hingga hinggap dan singgah di sebuah pulau ladang jagung…
    sketika itu pula sang Nuri berteriak teriak…
    marah dan curiga dengan si gagak..
    tidak suka karena hitamnya si gagak…
    tidak suka karena koar koarnya memekakan hening suasana…
    tidak suka karena pandangan tajam sorot matanya..
    akhirnya…
    dgn mengajak seluruh selaksa laskar sang Nuri menghajar si gagak…
    si gagak berusaha menjelaskan bahwa ia utusan dewa untuk mengambil ulat2 jagung..
    agar ulat hilang dan jagung untuk Nuri subur…
    namun si Nuri tutup mata tutup telinga tutup mulut…
    tutup hati dan trs menghajar hingga sang gagak patah sayap.. tercabut bulu dan nyawanya…

    akhirnya… bersorak sorailah si Nuri…
    2 bulan kemudian…
    ulat2 jagung semakin beranak pinak..
    melahap si Jagung sak Bonggol bonggole…
    tumpas telor.. habis punah pulau ladang jagung…
    si Nuri Gigit jari… (jarinya tetangga jg boleh di gigit kok)
    hanya memandang raga sang Gagak..
    yang telah terkoyak koyak…

  125. sang gagak…
    ktika sang gagak berkoak – koak…
    menerjang badai hingga hinggap dan singgah di sebuah pulau ladang jagung…
    sketika itu pula sang Nuri berteriak teriak…
    marah dan curiga dengan si gagak..
    tidak suka karena hitamnya si gagak…
    tidak suka karena koar koarnya memekakan hening suasana…
    tidak suka karena pandangan tajam sorot matanya..
    akhirnya…
    dgn mengajak seluruh selaksa laskar sang Nuri menghajar si gagak…
    si gagak berusaha menjelaskan bahwa ia utusan dewa untuk mengambil ulat2 jagung..
    agar ulat hilang dan jagung untuk Nuri subur…
    namun si Nuri tutup mata tutup telinga tutup mulut…
    tutup hati dan trs menghajar hingga sang gagak patah sayap.. tercabut bulu dan nyawanya…

    akhirnya… bersorak sorailah si Nuri…
    2 bulan kemudian…
    ulat2 jagung semakin beranak pinak..
    melahap si Jagung sak Bonggol bonggole…
    tumpas telor.. habis punah pulau ladang jagung…
    si Nuri Gigit jari… (jarinya tetangga jg boleh di gigit kok)
    hanya memandang raga sang Gagak..
    yang telah terkoyak koyak…

  126. belum ada tulisan baru nih mbak??

  127. kepada sesiapa yg baca ni, moga minggu ini ngetop!

  128. apa saja

  129. tuliS APA ajah,
    tapi ga pernah di baca / di bales ama empunya blog

    hi..hi..hi..

  130. hhhuuuuuaaahhhhhaaaaahhhhaaaa…
    *glodak, pyook*

  131. sore sudah hari

    letih ku mencari ….

    kawan sejati …

    sulit dicariiiiii

  132. hm…

    numpang liwat aja…
    sambil baca2 yang di tulis bebas disini…

  133. mbak…salam.
    wah blog-sampeyan uapiik tenan…seneng aku.
    mampiro poo mbak nok blogku:
    Komunitas Kuliner Arek Suroboyo.

    monggo : http://kuliner-suroboyo.blogspot.com

  134. saat aku ingin menulis..
    ku bingung tuk menulis apa..
    kata2 yg hendak kutulis..
    seakan sulit tuk jd kalimat yg penuh makna..
    namun akhirnya.. akupun menulis…
    dan inilah tulisanku.. jadi deh..!

  135. setiap orang.. psti ingin menulis takdirnya sendiri..
    tentang apa saja.. hidup, cita dan cinta..
    semua mimpi tertulis dgn indah..
    penuh kebahagiaan.. dan kberhasilan..

    namun.. kadang takdir yg terjadi..
    tak seperti yg mrk inginkan..
    memusnahkan semua harapan.. impian..
    dengan berjuta luka dan kepedihan…

    sebagian.. mmbuat mrk rapuh..
    sebagian.. mmbuat dunia trs sempit…
    sebagian lg dr mereka..
    mrs tiada kekuatan tuk menatap masa depan…

    jk drmu yg mengalami hal itu..
    sudahkah drmu persiapkan semuanya…
    bahwa drmu bkn bagin dari mrk..
    yg menyerah hanya krn suatu kegagalan..

    ( moga yg baca, gk menyerah.. sll maju tuk meraih asa , cita dan cinta.. maju terusss ya..! sukses buat semuanya..)

  136. kacang…kacang…kacang goreng ^^

  137. karena gak bisa menumpukkan sampah dalam bentuk tulisan
    jadi, memposisikan diri sebagai sampah aja deh *nanti kan di angkut pemulung, terus dijual, siapa tau dibeli dengan harga tinggi oleh konglomerat yang punya anak cewek cantik bgt, terus jatuh cinta ma gw, kemudian direstui, nikah deh* he2…

    barter link jeng…

  138. ulan. menarik beud crita2nya….
    tersentuh? pasti. tapi apa hanya bisa begini kemudian>?
    tidak bukan? aku rasa pean orang yang cerdas, pny keberanian, dan yang paling membuat q kagum adlh pean bukan seorang pendendam. jika pun iya, pean tidak akan menampakkannya kepada orang. heran, apa itu profil pean yang sesungguhnya? thanks……..

  139. Mbak ulan dongakke aku ben iso nulis sing apik koyo mbak ulan yooo………..Wis ngono wae …..

    Matur nuwun

  140. mo tulis pa y???? lam knl ya..

    sneng mampir k blog mu🙂🙂

  141. numpang ngerokok aaahhh…

  142. congratz ya mbak ulan, dah jadi salah satu pilihan blog review di majalah wanita. ijin ya, blog ini langsung ak link. thx a lot

    • apa nama women magz-nya…. Lina….???

  143. majalah chic mbak.. aq uda baca..

  144. mbak ulan….. tulisannya tob2 banget dah

  145. saya adalah …
    lupa euy

  146. ini blognya orang jowo ya? koq pada ngobrol jowo sih….

  147. saLam kenaL…

  148. gak bisa komen di posting
    isinya puisi semua…

  149. nulis apa yaH? oh iyh,,, kenapa sering posting puisi semua yah? gk yg laen gtu? hehe

  150. Ditunggu update terbarunya….

  151. apa ya??? maunya sih ngalor-ngidul aja… btw kalo udah ngetik malah bingung mau bikin apa… ????

  152. Oke, saya cuman mau ninggalin jejak lagi di sini…😆

  153. jualan kaos disini bole? banyak orang disini keliatannya…

  154. headernya gantiiiiiiiiiiiiiiii……… huuuuwaaaaaaaaa…..

  155. hai ulan.. salam kenal yaa🙂 saya baru pertama kali mampir di blog kamu.. baru baca satu artikel langsung “hehehehe”, artikel kedua “hihihi bisa aja kamu”

  156. Ikutan nulis ah, supaya banyak teman aja, supaya kapan-kapan yang laen juga berkunjung ke blog saya.

    Saya pengen belajar nulis, boleh yah nulis apapun yang saya mau disini.

    saya sebagai pemula mengundang rekan-rekan semuanya untuk mengunjungi blog saya yang emang belum tertata rapih, tapi saya yakin bikin asik.

    terima kasih

  157. header nya ganti lagi… lilin…???

  158. k…..a….n….g…..e…..n!!!!

  159. hehe, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya :p. ahh, hidup itu memang indah. walaupun dalam hidup saya ternyata lebih banyak hal yang menjengkelkan. terkadang saya merasa kita harus benar2 menikmati hidup, tp terkadang hidup juga bener2 kaya pain in the ass.. tp mungkin benar saja, mungkin hanya anda yang punya hidup selengkap itu.. :p

  160. tukeran link yuk..
    newbie ini… ^_^

  161. dek…tulisannya bagus2…jadi ngiri…..

  162. cepat sembuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhh……..

  163. CCCCCCCCCCCCAAAAAAAAAAAAAAAPPPPPPPPPPPPPPPEEEEEEEEEEEEEEEEEE
    DDDDDDDDDDDDDDDDEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEHHHHHHHHHHHHHHHHHH……..

    begini gini aja………..nga pernah ada perubahan

    puuuuuuuusssssssssssssssssssssssssssiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnggggggggggggggggggggg

    makassssssssssihhhhyaaaa…. boleh nulis……………..

  164. …………..amburadulllllll…………
    …………..pontaaaanggggggggg pantiiiiiinnngggggggggggg…………
    ………gggonnnjaaaaanngggg…gaaannjjjiiiiiinnnggggggggggg…….
    …………….luuuunnnnttaaaaaanggggggggg lannnttuuuunngggggggg…..
    HHHHHHHHHHHHHHHAAAAAAAAAAAAAAAAA……………
    hahahahahahaha………….
    hhhiiiihiiiihiiiihhhihihihihihih,,,,,,,,

    puuuuiiinggg tuuuuinnngggg tuuuuiiiinggg……..

  165. kepengen……..ggggiiiiiiiiilllllllllllllaaaaaaaaaaaaaaaa !!!!!!!!

  166. selamat hari ibuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu…..

  167. bleh tnx pndapat gk? tntang cinta itu? n k mau tanyxk apa bleh kta mncintai yg bkan hbngan drah, tp kta saudaraan? truz k hrus gmn? pa ku tnggalin aj, y1! tp k dha trlanjut cynk ama dia? y y y y y. susah y untuk cri cinta yg sejati n indah? hhhmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm. mgomng2 ku lg carik nih? cwok yg cccuoool bnget, tp gk pnghianat kayak kucinng aja. yakan, betul gk omngan ku. mngkin aja no. di mn sih carik nx? apa harus di kbun bnatang y?dsana kan hwan nx rjin n sopan, tau praturan lg. tp tuh kan hwan, andai kyak apa yg aku ingin kan pasti senang. disini ada cwok tp snsitif orang nx. hmmmmmmmmmmmmmm susah_ kali y. daftar dong cpa gtu? hahahaha. mngkin ku udah dibtain cinta y? hmmmmm. soswwwiiit bangt. apa lg hari ntal ku mlu krna ku hnx di ksik kesedhan. mngkin blum jodoh y?………………………………………………………….

  168. i cwint mt m km tp np kyaknya cucah d ktin km k cyank cyank dn cyank m km ok my love you to gk kn prn d lg cwewk slain km ok
    Pembelajaran Kooperatif & Kompetitif
    PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KOMPETITIF
    DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS

    Oleh:
    Rahmat Aziz, M.Si

    dipublikasikan pada jurnal:
    MADRASAH, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar,
    Vol 1, No 1, Juli-Desember 2008

    Abstrak
    Both cooperative and competitive methods are influence the student creativity. However, base on the research study the cooperative methods understood is more effective than competitive methods in developing creativity student. Therefore, using both methods should be tried in learning process in classes.

    Urgensi pengembangan kreativitas
    Kreativitas merupakan aspek yang sangat penting dan berharga dalam setiap usaha manusia, sebab melalui kreativitas akan dapat ditemukan dan dihasilkan berbagai teori, pendekatan, dan cara baru yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Tanpa adanya kreativitas, kehidupan akan lebih merupakan suatu yang bersifat pengulangan terhadap pola-pola yang sama (Sternberg, 1992;. Menurut Juan Huarte (dalam Wahab, 2006) kreativitas merupakan jenis kecendikiaan tertinggi pada umat manusia yang tidak dimiliki oleh makhluk lain.

    Kreativitas dapat dipahami dengan pendekatan process, product, person, dan press (Rhodes, 1961). Namun pengukuran yang banyak dilakukan para ahli hanya dilakukan pada ketiga aspek saja yaitu aspek process, product dan person (Eysenk, 1993; Simonton, 2003; Michael, 2001; Salsedo, 2006) sedangkan aspek press diartikan sebagai usaha untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pada pengembangan kreativitas anak (Vidal, 2005), baik di lingkungan masyarakat (Chuang, 2007), lingkungan keluarga (Chan, 2005), maupun lingkungan sekolah (King, 2007). Sekolah merupakan aspek yang sangat strategis dalam mengembangkan kreativitas siswa (Munandar, 1999).

    Pengembangan kreativitas biasa dilakukan dengan dua cara yaitu 1) memberikan pelatihan yang berhubungan dengan kreativitas kemudian mengukur secara langsung perubahan yang terjadi akibat perlakuan tersebut seperti dilakukan oleh Gendrof (1996), 2) memadukan suatu perlakuan dalam pelajaran tertentu kemudian mengukur tingkat kreativitasnya sebagai dampak pengiring (nurturant effect) dari suatu proses pembelajaran, cara ini telah dilakukan oleh banyak peneliti antara lain Teo & Tan, (2005).

    Kenyataan yang ada pada saat ini menunjukkan bahwa pendidikan di Indonesia lebih berorientasi pada hasil yang bersifat pengulangan, penghapalan, dan pencarian satu jawaban yang benar terhadap soal-soal yang diberikan. Proses-proses pemikiran tingkat tinggi termasuk berpikir kreatif jarang sekali dilatihkan (Joni, 1992). Demikian juga dengan kemampuan menulis siswa. Hasil temuan Wati (2005) menyatakan bahwa tingkat kemampuan menulis siswa berada pada kategori rendah, salah satu faktor yang diduga menjadi penyebabnya adalah proses pembelajaran di kelas yang kurang variatif.

    Saat ini kebutuhan akan pengembangan kreativitas dirasakan sudah sangat mendesak karena kreativitas sangat penting baik untuk pribadi maupun sosial. Sehubungan dengan itu peranan orangtua, guru, dan masyarakat sangat menentukan bagi keberhasilan pembinaan dan pengembangan kreativitas siswa, karena kreativitas merupakan suatu potensi yang akan berkembang bila siswa berada dalam lingkungan yang kondusif (Sternberg & Lubart, 1995).

    Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pengembangan kreativitas menjadi suatu keniscayaan untuk segera dilakukan dan pada konteks inilah pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam pengembangan kreativitas siswa. Tujuan pendidikan menurut Munandar (1999) adalah menyediakan lingkungan yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya secara optimal sesuai dengan kebutuhan pribadi dan masyarakat sekitarnya, karena itu pendidikan bertanggung jawab untuk memandu dan mengembangkan potensi kreatif yang dimiliki siswa.

    Model Kooperatif dan Kompetitif sebagai Alternatif
    Teori tentang kooperatif dan kompetitif pertama kali dikembangkan oleh Morton Deutsch pada tahun 1949 dalam bukunya “Theory of cooperative and competitive”. Teori ini digunakan untuk menjelaskan cara menangani masalah yang berhubungan dengan konflik sosial, kemudian pada pertengahan tahun 80-an teori tersebut dikembangkan oleh David Johnson dan kawan-kawan ketika menjelaskan masalah pembelajaran di kelas, yang kemudian terkenal dengan konsep cooperative learning.

    Menurut Deutsch dan Coleman (2000) teori tentang kooperatif dan kompetitif mempunyai dua gagasan pokok yang berhubungan dengan jenis saling ketergantungan dalam aspek tujuan dan jenis tindakan yang dilakukan seseorang. Dalam praktek pembelajaran di kelas, David Johnson dan Roger Johnson adalah dua orang saudara yang mengelaborasi teori tentang kooperatif dan kompetitif, dalam menjelaskan teorinya Johnson & Johnson (1994) mengelaborasi menjadi tiga jenis metode yaitu kooperatif yang dicirikan dengan adanya tujuan dan saling ketergantungan, kompetitif adanya tujuan tapi tidak ada ketergantungan, dan individualistik yang dicirikan dengan tidak adanya tujuan dan tidak ada saling ketergantungan antar individu.

    Situasi yang kompetitif dicirikan dengan adanya sikap negatif dalam hal ketergantungan, dimana ketika seseorang menang, maka yang lain berarti kalah. Dalam situasi belajar, siswa akan mandiri dan bekerja sendiri dalam mencapai kesuksesan, sehingga kesuksesan dan kegagalan seseorang tidak akan berpengaruh terhadap kelompoknya. Sebaliknya dalam situasi yang kooperatif, interaksi dicirikan dengan adanya saling ketergantungan antar individu. Dalam situasi belajar di kelas, skor yang di peroleh seorang individu akan mempengaruhi skor terhadap kelompoknya, sehingga seorang individu akan bertanggung jawab terhadap keberhasilan dan kegagalan kelompok.

    Selanjutnya, dalam menjelaskan pembelajaran kooperatif Johnson & Johnson (1992) menyebutkan adanya lima ciri pokok yaitu: 1) adanya saling ketergantungan positif, 2) adanya interaksi tatap muka, 3) adanya akuntabilitas individual, 4) adanya ketrampilan menjalin hubungan antar pribadi, 5) adanya evaluasi proses kelompok. Dalam praktek pengajaran di kelas, metode kooperatif terdiri dari beberapa teknik. Dalam penelitian ini istilah kooperatif dimaksudkan sebagai suatu metode yang mengandung unsur-unsur kerjasama, saling berbagi, dan sikap empati antar anggota kelompok.

    Selanjutnya menurut Johnson & Johnson (1994) ada beberapa anggapan yang tidak selamanya benar, yang biasa dijadikan alasan digunakannya metode kompetitif dalam praktek pembelajaran, diantara anggapan tersebut adalah: 1) Masyarakat kita penuh dengan suasana kompetitif, karena itu siswa harus dipersiapkan untuk menghadapi keadaan ini; 2) Prestasi, sukses, penampilan yang terhormat, ambisi, menjadi pemimpin yang hebat, dan lain sebagainya semuanya berhubungan dengan kompetisi dengan yang lain; 3) Kompetisi membangun karakter dan memperkuat para siswa untuk hidup dalam dunia nyata; 4) Para siswa lebih berhubungan dengan situasi kompetitif; dan 5) Kompetisi mampu membangun percaya diri dan harga diri.

    Demikian pula dengan metode kompetitif, ada beberapa anggapan yang biasa dijadikan alasan digunakannya metode kooperatif dalam praktek pembelajaran, diantaranya adalah: 1) Pada pembelajaran kooperatif semua siswa harus kerjasama dan dilarang bekerja secara sendiri-sendiri; 2) Kooperatif akan memperbudak siswa berbakat, sedangkan siswa yang bodoh akan menikmatinya; 3) Siswa yang tidak memberikan kontribusi terhadap kelompok akan diberi hukuman; 4) Kooperatif akan memunculkan adanya banyak siswa yang tidak mau bekerja tapi mereka tetap mendapat manfaat dari kerja kelompoknya; 5) Kooperatif akan menjadikan siswa mempelajari sesuatu yang dianggap mudah saja sementara yang sulit akan ditinggalkan; dan 6) Kooperatif akan menghilangkan identitas pribadi karena kekuatan kelompok akan menjadi penghalang untuk berkembang.

    Perbedaan Kooperatif dan Kompetitif
    Penelitian tentang kooperatif dan kompetitif telah banyak dilakukan, diantaranya penelitian yang dilakukan oleh Anderson & Morrow (1995) menemukan adanya perbedaan antara metode kooperatif dan kompetitif dalam meningkatkan agresivitas, perintah yang bernuansa kompetitif lebih meningkatkan agresivitas pada anak. Lanzetta & English (1991) menemukan bahwa metode kompetitif dan kooperatif mampu menimbulkan reaksi emosional yang berbeda pada subjek penelitian.

    Penelitian tentang metode kooperatif dalam bidang bahasa dilakukan oleh Steven, Slavin, & Farnish (1991) yang menemukan bahwa metode kooperatif sangat efektif dalam menemukan gagasan pokok dalam suatu paragraf. Supratman (2001), menemukan bahwa metode kooperatif mampu meningkatkan motivasi belajar pada bidang studi geografi. Hal ini disebabkan karena dalam suasana kooperatif terjadi saling pemberian motivasi diantara anggota kelompok siswa.

    Penelitian yang membandingkan antara metode kooperatif dan kompetitif telah dilakukan diantaranya adalah penelitian Tjosvold, Leung, & Johnson (2000), menemukan bahwa orang-orang Cina yang dikategorikan berbudaya kolektivistik dalam menghadapi konflik cenderung menggunakan pendekatan kooperatif dibanding kompetitif. Penelitian Glazer (1986) menemukan bahwa metode kooperatif lebih mampu meningkatkan motivasi pada anak-anak, hal ini disebabkan karena adanya saling memberi dukungan sesama teman. Penelitian Featherstone (1986) menemukan bahwa metode kooperatif mampu meningkatkan prestasi dalam setiap level akademik, hal ini bisa dijelaskan karena siswa yang berprestasi rendah dapat memberi kontribusi terhadap kelompoknya dan ia mempunya pengalaman untuk sukses. Selain itu Slavin (1997) menyebutkan metode kooperatif juga mampu meningkatkan hubungan interpersonal antar siswa yang berbeda latar belakang, baik dari aspek jenis kelamin, suku, agama, dan status sosial ekonomi.

    Penelitian yang menghubungkan antara metode kooperatif dan kompetitif dengan kreativitas telah dilakukan oleh Torrence (1974) yang menemukan bahwa lingkungan negatif dapat berpengaruh negatif terhadap perkembangan dan ekspresi berfikir kreatif. Selanjutnya ia menyatakan bahwa lingkungan yang didalamnya terdapat pengajaran terhadap cara berfikir, penghargaan dan kompetisi dapat meningkatkan berfikir kreatif.

    Penelitian Ward (1969) menemukan bahwa terdapat pengaruh konteks fisik (lingkungan) terhadap kecepatan seseorang untuk menghasilkan suatu gagasan. Kecepatan menghasilkan gagasan adalah salah satu dari indikator tingginya kreativitas seseorang. Penelitian sejenis dilakukan oleh Amabile & Gitomer (1984), yang menyatakan bahwa kreativitas dipengaruhi oleh kondisi ketika seorang anak mempunyai kesempatan untuk memilih. Penelitian Simonton (1975) menyatakan bahwa situasi kompetitif mempunyai pengaruh negatif terhadap performance kreativitas. Pendapat ini berbeda dengan Sternberg (1995) yang menyatakan bahwa lingkungan yang kooperatif dan kompetitif dapat meningkatkan kreativitas.

    Berbeda halnya dengan penelitian yang dilakukan oleh Okebukola (1995), ia menemukan bahwa tidak ada perbedaan performance pada siswa yang dikondisikan dengan kooperatif dan kompetitif. Satu temuan yang menarik ternyata siswa yang dikondisikan dalam situasi kooperatif sekaligus kompetitif mempunyai performance yang lebih baik dibanding dengan siswa yang hanya dikondisikan dalam situasi kooperatif atau kompetitif saja.

    Hasil serupa ditemukan dalam penelitian terbaru yang dilakukan oleh Tauer & Harackiewicz (2004) menemukan bahwa tidak adanya perbedaan pengaruh antara metode kooperatif dan kompetitif dalam hal peningkatan motivasi intrinsik dan performance. Ditemukan perbedaan ketika subjek dikondisikan dalam situasi yang kooperatif sekaligus kompetitif. Menurut mereka hal ini membuktikan bahwa baik metode kooperatif maupun kompetitif mempunyai aspek positif dalam meningkatkan suatu performance.

    Pendapat berbeda dikemukakan berdasarkan hasil kajian yang dilakukan Johnson, Johnson, Holubee (1998) yang menemukan bahwa setidaknya ada tiga keuntungan besar dari pelaksanaan metode kooperatif, yaitu:

    1. Adanya usaha yang lebih kuat dalam mencapai prestasi, hal ini dicirikan dengan adanya kemampuan berupa pencapaian prestasi belajar yang baik, kemampuan untuk mengingat lebih baik, adanya motivasi intrinsik, dan sebagainya.
    2. Adanya hubungan yang lebih positif antar siswa, hal ini dicirikan dengan adanya sikap saling menjaga dan komitmen terhadap hubungan, saling mendukung secara sosial dan akademik, pengakuan terhadap keberagaman, dan sebagainya.
    3. Adanya kondisi psikologis yang lebih sehat, yang dicirikan dengan adanya kemampuan untuk penyesuaian diri secara umum, pengembangan kekuatan ego, pengembangan sosial, dan sebagainya.

    Perbedaan kooperatif dan kompetitif dalam konteks kreativitas telah dikemukakan oleh Munandar (1999) yang mengutip proses eksperimen yang membandingkan sekelompok siswa dalam membuat suatu kolase. Pada kelompok kooperatif, siswa disuruh membuat kolase tanpa diberitahu sebelumnya ada pemberian hadiah bagi yang kolasenya paling baik, sedangkan pada kelompok kompetitif, sebelumnya diberitahukan bahwa tiga kelompok yang kolasenya paling baik akan mendapat hadiah. Hasilnya ternyata kelompok kooperatif lebih kreatif dalam membuat kolase.

    Dari berbagai hasil kajian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa baik metode kooperatif maupun metode kompetitif akan mempunyai pengaruh dalam pengembangan kreativitas, dan dari hasil kajian terhadap berbagai hasil penelitian di temukan adanya kecenderungan bahwa metode kooperatif diduga lebih efektif dalam meningkatkan kreativitas dibanding dengan metode kompetitif. Karena itu penggunaan kedua model pembelajaran tersebut layak dicoba untuk praktekan dalam proses pembelajaran di kelas.

    Daftar Pustaka

    Chan, D.W. (2005). Family environtment and talent development of Chinese gifted student in Hongkong, Gifted Child Quarterly, 49, 3, 211-221

    Chuang, L.M. (2007). The social psychology of creativity and innovation: Process theory perspective, Social Behavior and Personality, 35, 7, 875-887

    Coleman, P.T., Deutsch, M., (2000) “Some Guidelines for Developing a Creative Approach to Conflict”, in Coleman &, Deutsch, (eds.) The Hand Book of Conflict Resolution: Theory and Practice, John Willey & Sons, Inc,

    Deutsch, M., & Coleman, P.T., (2000) “Cooperation and Competition”, in Coleman &, Deutsch (eds.) The Handbook of Conflict Resolution: Theory and Practice, John Willey & Sons, Inc,

    Eysenk, H. (1993). Creativity and personality: a theoretical perspective, Psychological Inquiry, 4, 147-178

    Glasser, W.(1986). Control Theory in The Classroom, New York: Harver and Row, Inc

    Johnson, D.W., & Johnson, R., (1994), learning Together and Alone: Coopereative, Competitive, and individualistic, Englewood Cliff N.J,: Prentice Hall, inc

    Johnson, D.W., Johnson, R., & Holubec, E., (1993) Cooperation in The Classroom, Edina, Minn: Interaction Book Company

    Joni, T.R. (1992). Memicu Perbaikan Pendidikan melalui Kurikulum. Basis, No.07-08, 49, 41-48

    Joyce, M., & Weil, J. (2000). Models of Teaching, Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

    King, N. (2007). Developing imagination, creativity, and literacy through collaborative storymaking: a way of knowing, Harvard Educational Review, 77, 2, 204-227

    Lanzetta, J.T. & English, B.G. (1991). Expectations of cooperation and competition and their effects of observers vicarious emotional responses, Journal of Personality & Social Psychology, April 56 (4), 543-554

    Lie, A. (2004). Cooperative Learning, Memperaktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas, Jakarta: Gramedia

    Michael, K.Y. (2001). The effect of computer simulation activity versus a hands-on activity on product creativity in technology education, Journal of Technology Education, 13, 1, 31-43

    Munandar, S.C.U. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan, Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat, Jakarta: Gramedia

    Okebukola, P.A., (1995), Impact of Extended Cooperative and Competitive Relationships on the Performance of Student in Science, Human Relations, 39, 7, 673-682

    Rhodes, M. (1961). An Analysis of Creativity, in: Isaken (editor), Frontiers of Creativity Research, Beyond The Basic, Buffalo, New York: Bearly, Ltd

    Salsedo, J. (2006). Using implicit and explicit theories of creativity to develop a personality measure for assessing creativity, Dissertation, New York: Department of Psychology at Fordham University

    Simonton, D. (2003). Scientific creativity as constrained stochastic behavior, The integration of product, person, and process perspective, Psychological Buletin, 129, 475-494

    Slavin, R.E. (1997). Educational Psychology: Theory and Practice, Boston: Allyn & Bacon

    Sternberg, R. (1992). Cognitive Approach to Intelligence, In B.B Wolman (Eds), Handbook of Intelligence: Theories, Measurement, And Application, New York: John Willey and Sons

    Sternberg, R.J., & Lubart, T.I. (1995). Defying The Crowd, Cultivating Creativity in a Cultural of Conformity, New York: A Division of Simon & Schuster Inc

    Stevens, R.j., Slavin, R.E., & Farnish, A.M., (1991), The Effect of Cooperative Learning and Direct Instruction in Reading Comprehension Strategies on Main Idea Identification, Journal of Personality & Social Psychology, Mar 83 ( 1), 8-16

    Supraptaman, (2001), Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Geografi Melalui Pendekatan Cooperative Learning, Pelangi Pendidikan, 4 (1), 22-24

    Tauer, J.M., & Harackiewicz, J.M., (2004), The effect of cooperation and competition on intrinsic motivation and performance, Journal of Personality & Social Psychology, 86 (6) Jun, 849-861

    Tjosvold, D., Leung, K., & Johnson, D.W., (2000), “Cooperative and Competitive Conflict in China” in Coleman &, Deutsch (eds.) The Hand Book of Conflict Resolution: Theory and Practice, John Willey & Sons, Inc,

    Vidal, R., (2005). Creativity for operational researchers, Investigacao Operacional, 25, 1-24

    Wahab, A. (2006). Isu Linguistik, Pengajaran Bahasa dan Sastra, Surabaya: Airlangga University Press

    Wati, S. (2005). Penerapan model sinektik dalam meningkatkan kreativitas menulis, Disertasi, Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan IndonesiaPembelajaran Kooperatif & Kompetitif
    PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KOMPETITIF
    DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS

    Oleh:
    Rahmat Aziz, M.Si

    dipublikasikan pada jurnal:
    MADRASAH, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar,
    Vol 1, No 1, Juli-Desember 2008

    Abstrak
    Both cooperative and competitive methods are influence the student creativity. However, base on the research study the cooperative methods understood is more effective than competitive methods in developing creativity student. Therefore, using both methods should be tried in learning process in classes.

    Urgensi pengembangan kreativitas
    Kreativitas merupakan aspek yang sangat penting dan berharga dalam setiap usaha manusia, sebab melalui kreativitas akan dapat ditemukan dan dihasilkan berbagai teori, pendekatan, dan cara baru yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Tanpa adanya kreativitas, kehidupan akan lebih merupakan suatu yang bersifat pengulangan terhadap pola-pola yang sama (Sternberg, 1992;. Menurut Juan Huarte (dalam Wahab, 2006) kreativitas merupakan jenis kecendikiaan tertinggi pada umat manusia yang tidak dimiliki oleh makhluk lain.

    Kreativitas dapat dipahami dengan pendekatan process, product, person, dan press (Rhodes, 1961). Namun pengukuran yang banyak dilakukan para ahli hanya dilakukan pada ketiga aspek saja yaitu aspek process, product dan person (Eysenk, 1993; Simonton, 2003; Michael, 2001; Salsedo, 2006) sedangkan aspek press diartikan sebagai usaha untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pada pengembangan kreativitas anak (Vidal, 2005), baik di lingkungan masyarakat (Chuang, 2007), lingkungan keluarga (Chan, 2005), maupun lingkungan sekolah (King, 2007). Sekolah merupakan aspek yang sangat strategis dalam mengembangkan kreativitas siswa (Munandar, 1999).

    Pengembangan kreativitas biasa dilakukan dengan dua cara yaitu 1) memberikan pelatihan yang berhubungan dengan kreativitas kemudian mengukur secara langsung perubahan yang terjadi akibat perlakuan tersebut seperti dilakukan oleh Gendrof (1996), 2) memadukan suatu perlakuan dalam pelajaran tertentu kemudian mengukur tingkat kreativitasnya sebagai dampak pengiring (nurturant effect) dari suatu proses pembelajaran, cara ini telah dilakukan oleh banyak peneliti antara lain Teo & Tan, (2005).

    Kenyataan yang ada pada saat ini menunjukkan bahwa pendidikan di Indonesia lebih berorientasi pada hasil yang bersifat pengulangan, penghapalan, dan pencarian satu jawaban yang benar terhadap soal-soal yang diberikan. Proses-proses pemikiran tingkat tinggi termasuk berpikir kreatif jarang sekali dilatihkan (Joni, 1992). Demikian juga dengan kemampuan menulis siswa. Hasil temuan Wati (2005) menyatakan bahwa tingkat kemampuan menulis siswa berada pada kategori rendah, salah satu faktor yang diduga menjadi penyebabnya adalah proses pembelajaran di kelas yang kurang variatif.

    Saat ini kebutuhan akan pengembangan kreativitas dirasakan sudah sangat mendesak karena kreativitas sangat penting baik untuk pribadi maupun sosial. Sehubungan dengan itu peranan orangtua, guru, dan masyarakat sangat menentukan bagi keberhasilan pembinaan dan pengembangan kreativitas siswa, karena kreativitas merupakan suatu potensi yang akan berkembang bila siswa berada dalam lingkungan yang kondusif (Sternberg & Lubart, 1995).

    Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pengembangan kreativitas menjadi suatu keniscayaan untuk segera dilakukan dan pada konteks inilah pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam pengembangan kreativitas siswa. Tujuan pendidikan menurut Munandar (1999) adalah menyediakan lingkungan yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya secara optimal sesuai dengan kebutuhan pribadi dan masyarakat sekitarnya, karena itu pendidikan bertanggung jawab untuk memandu dan mengembangkan potensi kreatif yang dimiliki siswa.

    Model Kooperatif dan Kompetitif sebagai Alternatif
    Teori tentang kooperatif dan kompetitif pertama kali dikembangkan oleh Morton Deutsch pada tahun 1949 dalam bukunya “Theory of cooperative and competitive”. Teori ini digunakan untuk menjelaskan cara menangani masalah yang berhubungan dengan konflik sosial, kemudian pada pertengahan tahun 80-an teori tersebut dikembangkan oleh David Johnson dan kawan-kawan ketika menjelaskan masalah pembelajaran di kelas, yang kemudian terkenal dengan konsep cooperative learning.

    Menurut Deutsch dan Coleman (2000) teori tentang kooperatif dan kompetitif mempunyai dua gagasan pokok yang berhubungan dengan jenis saling ketergantungan dalam aspek tujuan dan jenis tindakan yang dilakukan seseorang. Dalam praktek pembelajaran di kelas, David Johnson dan Roger Johnson adalah dua orang saudara yang mengelaborasi teori tentang kooperatif dan kompetitif, dalam menjelaskan teorinya Johnson & Johnson (1994) mengelaborasi menjadi tiga jenis metode yaitu kooperatif yang dicirikan dengan adanya tujuan dan saling ketergantungan, kompetitif adanya tujuan tapi tidak ada ketergantungan, dan individualistik yang dicirikan dengan tidak adanya tujuan dan tidak ada saling ketergantungan antar individu.

    Situasi yang kompetitif dicirikan dengan adanya sikap negatif dalam hal ketergantungan, dimana ketika seseorang menang, maka yang lain berarti kalah. Dalam situasi belajar, siswa akan mandiri dan bekerja sendiri dalam mencapai kesuksesan, sehingga kesuksesan dan kegagalan seseorang tidak akan berpengaruh terhadap kelompoknya. Sebaliknya dalam situasi yang kooperatif, interaksi dicirikan dengan adanya saling ketergantungan antar individu. Dalam situasi belajar di kelas, skor yang di peroleh seorang individu akan mempengaruhi skor terhadap kelompoknya, sehingga seorang individu akan bertanggung jawab terhadap keberhasilan dan kegagalan kelompok.

    Selanjutnya, dalam menjelaskan pembelajaran kooperatif Johnson & Johnson (1992) menyebutkan adanya lima ciri pokok yaitu: 1) adanya saling ketergantungan positif, 2) adanya interaksi tatap muka, 3) adanya akuntabilitas individual, 4) adanya ketrampilan menjalin hubungan antar pribadi, 5) adanya evaluasi proses kelompok. Dalam praktek pengajaran di kelas, metode kooperatif terdiri dari beberapa teknik. Dalam penelitian ini istilah kooperatif dimaksudkan sebagai suatu metode yang mengandung unsur-unsur kerjasama, saling berbagi, dan sikap empati antar anggota kelompok.

    Selanjutnya menurut Johnson & Johnson (1994) ada beberapa anggapan yang tidak selamanya benar, yang biasa dijadikan alasan digunakannya metode kompetitif dalam praktek pembelajaran, diantara anggapan tersebut adalah: 1) Masyarakat kita penuh dengan suasana kompetitif, karena itu siswa harus dipersiapkan untuk menghadapi keadaan ini; 2) Prestasi, sukses, penampilan yang terhormat, ambisi, menjadi pemimpin yang hebat, dan lain sebagainya semuanya berhubungan dengan kompetisi dengan yang lain; 3) Kompetisi membangun karakter dan memperkuat para siswa untuk hidup dalam dunia nyata; 4) Para siswa lebih berhubungan dengan situasi kompetitif; dan 5) Kompetisi mampu membangun percaya diri dan harga diri.

    Demikian pula dengan metode kompetitif, ada beberapa anggapan yang biasa dijadikan alasan digunakannya metode kooperatif dalam praktek pembelajaran, diantaranya adalah: 1) Pada pembelajaran kooperatif semua siswa harus kerjasama dan dilarang bekerja secara sendiri-sendiri; 2) Kooperatif akan memperbudak siswa berbakat, sedangkan siswa yang bodoh akan menikmatinya; 3) Siswa yang tidak memberikan kontribusi terhadap kelompok akan diberi hukuman; 4) Kooperatif akan memunculkan adanya banyak siswa yang tidak mau bekerja tapi mereka tetap mendapat manfaat dari kerja kelompoknya; 5) Kooperatif akan menjadikan siswa mempelajari sesuatu yang dianggap mudah saja sementara yang sulit akan ditinggalkan; dan 6) Kooperatif akan menghilangkan identitas pribadi karena kekuatan kelompok akan menjadi penghalang untuk berkembang.

    Perbedaan Kooperatif dan Kompetitif
    Penelitian tentang kooperatif dan kompetitif telah banyak dilakukan, diantaranya penelitian yang dilakukan oleh Anderson & Morrow (1995) menemukan adanya perbedaan antara metode kooperatif dan kompetitif dalam meningkatkan agresivitas, perintah yang bernuansa kompetitif lebih meningkatkan agresivitas pada anak. Lanzetta & English (1991) menemukan bahwa metode kompetitif dan kooperatif mampu menimbulkan reaksi emosional yang berbeda pada subjek penelitian.

    Penelitian tentang metode kooperatif dalam bidang bahasa dilakukan oleh Steven, Slavin, & Farnish (1991) yang menemukan bahwa metode kooperatif sangat efektif dalam menemukan gagasan pokok dalam suatu paragraf. Supratman (2001), menemukan bahwa metode kooperatif mampu meningkatkan motivasi belajar pada bidang studi geografi. Hal ini disebabkan karena dalam suasana kooperatif terjadi saling pemberian motivasi diantara anggota kelompok siswa.

    Penelitian yang membandingkan antara metode kooperatif dan kompetitif telah dilakukan diantaranya adalah penelitian Tjosvold, Leung, & Johnson (2000), menemukan bahwa orang-orang Cina yang dikategorikan berbudaya kolektivistik dalam menghadapi konflik cenderung menggunakan pendekatan kooperatif dibanding kompetitif. Penelitian Glazer (1986) menemukan bahwa metode kooperatif lebih mampu meningkatkan motivasi pada anak-anak, hal ini disebabkan karena adanya saling memberi dukungan sesama teman. Penelitian Featherstone (1986) menemukan bahwa metode kooperatif mampu meningkatkan prestasi dalam setiap level akademik, hal ini bisa dijelaskan karena siswa yang berprestasi rendah dapat memberi kontribusi terhadap kelompoknya dan ia mempunya pengalaman untuk sukses. Selain itu Slavin (1997) menyebutkan metode kooperatif juga mampu meningkatkan hubungan interpersonal antar siswa yang berbeda latar belakang, baik dari aspek jenis kelamin, suku, agama, dan status sosial ekonomi.

    Penelitian yang menghubungkan antara metode kooperatif dan kompetitif dengan kreativitas telah dilakukan oleh Torrence (1974) yang menemukan bahwa lingkungan negatif dapat berpengaruh negatif terhadap perkembangan dan ekspresi berfikir kreatif. Selanjutnya ia menyatakan bahwa lingkungan yang didalamnya terdapat pengajaran terhadap cara berfikir, penghargaan dan kompetisi dapat meningkatkan berfikir kreatif.

    Penelitian Ward (1969) menemukan bahwa terdapat pengaruh konteks fisik (lingkungan) terhadap kecepatan seseorang untuk menghasilkan suatu gagasan. Kecepatan menghasilkan gagasan adalah salah satu dari indikator tingginya kreativitas seseorang. Penelitian sejenis dilakukan oleh Amabile & Gitomer (1984), yang menyatakan bahwa kreativitas dipengaruhi oleh kondisi ketika seorang anak mempunyai kesempatan untuk memilih. Penelitian Simonton (1975) menyatakan bahwa situasi kompetitif mempunyai pengaruh negatif terhadap performance kreativitas. Pendapat ini berbeda dengan Sternberg (1995) yang menyatakan bahwa lingkungan yang kooperatif dan kompetitif dapat meningkatkan kreativitas.

    Berbeda halnya dengan penelitian yang dilakukan oleh Okebukola (1995), ia menemukan bahwa tidak ada perbedaan performance pada siswa yang dikondisikan dengan kooperatif dan kompetitif. Satu temuan yang menarik ternyata siswa yang dikondisikan dalam situasi kooperatif sekaligus kompetitif mempunyai performance yang lebih baik dibanding dengan siswa yang hanya dikondisikan dalam situasi kooperatif atau kompetitif saja.

    Hasil serupa ditemukan dalam penelitian terbaru yang dilakukan oleh Tauer & Harackiewicz (2004) menemukan bahwa tidak adanya perbedaan pengaruh antara metode kooperatif dan kompetitif dalam hal peningkatan motivasi intrinsik dan performance. Ditemukan perbedaan ketika subjek dikondisikan dalam situasi yang kooperatif sekaligus kompetitif. Menurut mereka hal ini membuktikan bahwa baik metode kooperatif maupun kompetitif mempunyai aspek positif dalam meningkatkan suatu performance.

    Pendapat berbeda dikemukakan berdasarkan hasil kajian yang dilakukan Johnson, Johnson, Holubee (1998) yang menemukan bahwa setidaknya ada tiga keuntungan besar dari pelaksanaan metode kooperatif, yaitu:

    1. Adanya usaha yang lebih kuat dalam mencapai prestasi, hal ini dicirikan dengan adanya kemampuan berupa pencapaian prestasi belajar yang baik, kemampuan untuk mengingat lebih baik, adanya motivasi intrinsik, dan sebagainya.
    2. Adanya hubungan yang lebih positif antar siswa, hal ini dicirikan dengan adanya sikap saling menjaga dan komitmen terhadap hubungan, saling mendukung secara sosial dan akademik, pengakuan terhadap keberagaman, dan sebagainya.
    3. Adanya kondisi psikologis yang lebih sehat, yang dicirikan dengan adanya kemampuan untuk penyesuaian diri secara umum, pengembangan kekuatan ego, pengembangan sosial, dan sebagainya.

    Perbedaan kooperatif dan kompetitif dalam konteks kreativitas telah dikemukakan oleh Munandar (1999) yang mengutip proses eksperimen yang membandingkan sekelompok siswa dalam membuat suatu kolase. Pada kelompok kooperatif, siswa disuruh membuat kolase tanpa diberitahu sebelumnya ada pemberian hadiah bagi yang kolasenya paling baik, sedangkan pada kelompok kompetitif, sebelumnya diberitahukan bahwa tiga kelompok yang kolasenya paling baik akan mendapat hadiah. Hasilnya ternyata kelompok kooperatif lebih kreatif dalam membuat kolase.

    Dari berbagai hasil kajian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa baik metode kooperatif maupun metode kompetitif akan mempunyai pengaruh dalam pengembangan kreativitas, dan dari hasil kajian terhadap berbagai hasil penelitian di temukan adanya kecenderungan bahwa metode kooperatif diduga lebih efektif dalam meningkatkan kreativitas dibanding dengan metode kompetitif. Karena itu penggunaan kedua model pembelajaran tersebut layak dicoba untuk praktekan dalam proses pembelajaran di kelas.

    Daftar Pustaka

    Chan, D.W. (2005). Family environtment and talent development of Chinese gifted student in Hongkong, Gifted Child Quarterly, 49, 3, 211-221

    Chuang, L.M. (2007). The social psychology of creativity and innovation: Process theory perspective, Social Behavior and Personality, 35, 7, 875-887

    Coleman, P.T., Deutsch, M., (2000) “Some Guidelines for Developing a Creative Approach to Conflict”, in Coleman &, Deutsch, (eds.) The Hand Book of Conflict Resolution: Theory and Practice, John Willey & Sons, Inc,

    Deutsch, M., & Coleman, P.T., (2000) “Cooperation and Competition”, in Coleman &, Deutsch (eds.) The Handbook of Conflict Resolution: Theory and Practice, John Willey & Sons, Inc,

    Eysenk, H. (1993). Creativity and personality: a theoretical perspective, Psychological Inquiry, 4, 147-178

    Glasser, W.(1986). Control Theory in The Classroom, New York: Harver and Row, Inc

    Johnson, D.W., & Johnson, R., (1994), learning Together and Alone: Coopereative, Competitive, and individualistic, Englewood Cliff N.J,: Prentice Hall, inc

    Johnson, D.W., Johnson, R., & Holubec, E., (1993) Cooperation in The Classroom, Edina, Minn: Interaction Book Company

    Joni, T.R. (1992). Memicu Perbaikan Pendidikan melalui Kurikulum. Basis, No.07-08, 49, 41-48

    Joyce, M., & Weil, J. (2000). Models of Teaching, Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

    King, N. (2007). Developing imagination, creativity, and literacy through collaborative storymaking: a way of knowing, Harvard Educational Review, 77, 2, 204-227

    Lanzetta, J.T. & English, B.G. (1991). Expectations of cooperation and competition and their effects of observers vicarious emotional responses, Journal of Personality & Social Psychology, April 56 (4), 543-554

    Lie, A. (2004). Cooperative Learning, Memperaktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas, Jakarta: Gramedia

    Michael, K.Y. (2001). The effect of computer simulation activity versus a hands-on activity on product creativity in technology education, Journal of Technology Education, 13, 1, 31-43

    Munandar, S.C.U. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan, Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat, Jakarta: Gramedia

    Okebukola, P.A., (1995), Impact of Extended Cooperative and Competitive Relationships on the Performance of Student in Science, Human Relations, 39, 7, 673-682

    Rhodes, M. (1961). An Analysis of Creativity, in: Isaken (editor), Frontiers of Creativity Research, Beyond The Basic, Buffalo, New York: Bearly, Ltd

    Salsedo, J. (2006). Using implicit and explicit theories of creativity to develop a personality measure for assessing creativity, Dissertation, New York: Department of Psychology at Fordham University

    Simonton, D. (2003). Scientific creativity as constrained stochastic behavior, The integration of product, person, and process perspective, Psychological Buletin, 129, 475-494

    Slavin, R.E. (1997). Educational Psychology: Theory and Practice, Boston: Allyn & Bacon

    Sternberg, R. (1992). Cognitive Approach to Intelligence, In B.B Wolman (Eds), Handbook of Intelligence: Theories, Measurement, And Application, New York: John Willey and Sons

    Sternberg, R.J., & Lubart, T.I. (1995). Defying The Crowd, Cultivating Creativity in a Cultural of Conformity, New York: A Division of Simon & Schuster Inc

    Stevens, R.j., Slavin, R.E., & Farnish, A.M., (1991), The Effect of Cooperative Learning and Direct Instruction in Reading Comprehension Strategies on Main Idea Identification, Journal of Personality & Social Psychology, Mar 83 ( 1), 8-16

    Supraptaman, (2001), Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Geografi Melalui Pendekatan Cooperative Learning, Pelangi Pendidikan, 4 (1), 22-24

    Tauer, J.M., & Harackiewicz, J.M., (2004), The effect of cooperation and competition on intrinsic motivation and performance, Journal of Personality & Social Psychology, 86 (6) Jun, 849-861

    Tjosvold, D., Leung, K., & Johnson, D.W., (2000), “Cooperative and Competitive Conflict in China” in Coleman &, Deutsch (eds.) The Hand Book of Conflict Resolution: Theory and Practice, John Willey & Sons, Inc,

    Vidal, R., (2005). Creativity for operational researchers, Investigacao Operacional, 25, 1-24

    Wahab, A. (2006). Isu Linguistik, Pengajaran Bahasa dan Sastra, Surabaya: Airlangga University Press

    Wati, S. (2005). Penerapan model sinektik dalam meningkatkan kreativitas menulis, Disertasi, Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia

  169. masih belom ada yg baru…😦

  170. Pengalamane Mat Pithi blusukan nang rumah tangga ndik kampung-kampung, merga dadi sales sabun deterjen, isok nggandeng Saropah, arek kemayu Kaliasin gang Pompa.Gak urung, sing jenenge pacarane arek sak iki, gak cumak dulat-dulit, tapi yo dulak-dulek. Kathik milih enggon ae yo ndik losmen barang. Cobak, opo maneh sing didulek-i nek wis ndik kamar arek loro. Pisanan kedadeyan, abuk-abukan sampek lali, ngantek wong loro uda bareng, terus dulinan mama-mama-an, papa-papa-an.

    Jenenge wong lali, yok opo se….,kedadeyan, wis. Bareng wis mari, saropah kaet eling, nek wis melakukan perbuatan sing kudune durung oleh. Saropah nangis ngguguk. ‘Onok opo dik, kok awakmu nangis?’, pitakone Mat Pithi.’ Yok opo katene gak nangis, cak, awakku iki sak iki wis gak suci, wis kenek noda’, kanda ngono ambek tambah banter nangise.

    Mat Pithi langsung nyaut : ‘Perkara noda ojok kuatir,dik. Aku duwe produk sing jenenge deterjen anti noda. Bahkan, noda bandel sekalipun ‘Saropah yo tambah get olehe nangis, rek….. !

  171. Keren…..

  172. TOP buat mba ulan…

  173. Keren juga….

  174. article

  175. nggak ada pulpen, ngetik aja…
    xaxi dl ah:

    ** speed of sound – coldplay**

    How long before I get in?
    Before it starts, before I begin?
    How long before you decide?
    Before I know what it feels like?
    Where To, where do I go?
    If you never try, then you’ll never know.
    How long do I have to climb,
    Up on the side of this mountain of mine?

    Look up, I look up at night,
    Planets are moving at the speed of light.
    Climb up, up in the trees,
    every chance that you get,
    is a chance you seize.
    How long am I gonna stand,
    with my head stuck under the sand?
    I’ll start before I can stop,
    before I see things the right way up.

    All that noise, and all that sound,
    All those places I got found.
    And birds go flying at the speed of sound,
    to show you how it all began.
    Birds came flying from the underground,
    if you could see it then you’d understand?

    Ideas that you’ll never find,
    All the inventors could never design.
    The buildings that you put up,
    Japan and China all lit up.
    The sign that I couldn’t read,
    or a light that I couldn’t see,
    some things you have to believe,
    but others are puzzles, puzzling me.

    All that noise, and all that sound,
    All those places I got found.
    And birds go flying at the speed of sound,
    to show you how it all began.
    Birds came flying from the underground,
    if you could see it then you’d understand,
    ah when you see it then you’ll understand?

    All those signs, I knew what they meant.
    Some things you can invent.
    Some get made, and some get sent,
    Ooh?
    Birds go flying at the speed of sound,
    to show you how it all began.
    Birds came flying from the underground,
    if you could see it then you’d understand,
    ah, when you see it then you’ll understand?

    sampun….

  176. harusnya blog ini ganti nama bukan “belajar nulis” lagi…😀

  177. oh tuhan, kenapa hasil blogwalkingku pagi ini kau buat nyasar ke sini, aku jadi tergila – gila, mencandu tak ingin lepas dari sini. kuputar – putar tiap halaman, kupencet – pencet tiap kategori, kukomen2, kubaca lagi, aku tertawa sampe aku sadar saya masih blom kenal sama yang punya blog –“

    • salam kenaaal ^_^ yang bole pencet pencet tapi katagory nya jangan dibawa pulang ya

  178. saya gak sanggup lagi klo mesti baca satu2 postingan di sini, capek klo mau komen satu2 di sini, yang penting saya sudah klik tombol follow! teruskan menulis *tampangjutek!

    • jangan jutek jutek to mas, iya ya tetep nulis kok, kalo ada ide😛

  179. cengar -cengir sendiri baca-baca sampe ada yg lewat di depan meja dan menyapa “kenapa senyum-senyum sendiri?” *asliKocakOrisinilGokil

  180. gak tau

  181. cantik, lucu , gokil, orisinil, kreatip ( pake p ) disingkat ULAN

  182. saya lagi sedih,
    tiba2 yang saya ingat cuma halaman tempat saya dibebaskan untuk menulis apa saja, terserah pengen ngapain. daripada ngotori halaman blog sendiri, daripada ngoceh di twitter gk jelas, daripada mengumpat di tempat umum, lebih baik saya teriak2 di sini, lebih baik saya ngomel2 di sini. toh yang punya tempat sudah mengizinkan.

    saya selingkuh dari calon istri saya dengan seorang perempuan yang sudah punya pacar. kami dekat sebelum saya jadi sama calon istri saya, sblm dia jadi sm pacarnya.
    kami ketemu sebagai sesama pelarian saat sama2 jauh dari pacar kami sebelumnya.
    saya putus sama pacar saya sebelumnya karena kebanyakan bareng sm dia, saya dan pacar ribut besar trus putus. pacarnya juga mencium tanda2 kami selingkuh, tiba2 dia diputusin pacarnya dan jadi sama cewek lain dalam hitungan hari. dalam senggang waktu sama2 sendiri, kami berdua larut dalam ke”warasan” perasaan masing2, mencari2 pembenaran untuk setiap hal yang seharusnya kesalahan kami. kami tidak pernah “menjadi kami”, kami tetap sendiri2 an berada pada dunia masing2, resap terhadap kegelisahan masing2, kami sempat terpisah, mendapati ember baru untuk di isi, meskipun ember yang kami miliki masih dipenuhi dengan segala yang telah lama dan usang.

    dan cerita ini jadi membosankan. saya tidak mampu melepaskan perasaan saya terhadapnya meskipun telah memiliki calon istri saat ini. dan dia telah hidup dengan dunia yang baru bersama pacar sekarang meskipun belum mampu melupakan sakit hati terhadap pacar sebelumnya. kami berdua menjadi bandul yang saling berkait dan saling menarik. tarikan yang terlalu kuat menyebabkan tali penggantung bandul putus, kami saling menanyakan hal2 yang tidak perlu diberi jawaban, kami menjadi gila, tidak waras dalam perasaan yang kami waraskan. semua berlompat2an, serba tidak beraturan, saling memarahi dalam dalam perasaan kasih, saling mengiba dalam rasa takut.

    cerita ini semakin tidak mengenakkan untuk dibaca karena yang dikejar mengejar si pengejar, tanpa akhir dan tak terputus. mandul hasil.berputar tidak saling menabrak malah saling menyapa dengan tangan di belakang saling menggenggam.

    semakin membosankan karena saya lelah dengan ini.

    • menyedihkan, kamu bermain dengan perasaanmu sendiri.
      bukannya kemaren kamu bilang tidak mudah untuk suka apalagi jatuh cinta sama lawan jenis.
      banyak yang bilang kamu itu cenderung terlalu pemilih atau mungkin punya kriteria terlalu tinggi, mesti ini mesti itu mseti seperti ini seperti itu.
      bahkan selama ini kamu dikenal sebagai orang yang setia, toh malah kamu yang beberapa kali pernah di selingkuhi. kok sekarang malah …..

      • beuh emang admin ceritaparalel ada berapa y???

      • ben udahan yuk

        iya pa, ternyata bnyak yg salah sangka. gak kelar deh ceritanya

        mohon maaf buat yang punya blog, sepertinya kami salah tempat. tadinya pengen buat cerita bersambung model monolog, tapi baru posting ke 3 udah ada yang salah tanggap, kami berdua, eh bertiga ding, mohon maaf sama yang punya tempat, sama yang ngerasa – ngerasa juga kami mohon maaf. kami cuma pengen jadi penulis macem mona simpson yang nulis novel berdasarkan pengalaman pribadi di campur cerita fiksi supaya lebih dramatis. kami numpang posting di sini karena kami liat yang punya blog asik. kami cuma ngarep respon yg punya blog. supaya respon atau kritikan lebih nyata (terhadap cerita bkn penulisan) kami tidak mendahului dengan basa – basi “numpang nulis cerita”.

        sekali lagi maaf yg punya tempat, sama yang ngerasa – ngerasa juga.

        hatur sembah kami

        tertanda

        Alfa & Beno
        eh sama Pa’i juga

        sungkem

  183. 🙂

  184. 🙂 Bagus.

  185. …..*goler goler di blog*

  186. mbak,aku galau,aku skt hati,aku pengen marah tp gak tau hrs marah kesiapa..
    Fb ku dibajak org.org yg tdk b’tnggungjwb.apa yg hrs kulakukan?apa hrs aku laporin ke polisi?
    Plissss,bantu aku.hiksss😥

  187. gat au mau nulis apa tapi ku coba aja nulis sesuatu yang aku rasa “tentang”
    tentang impian 2 yang tak jelas,tentang hati yang sedikit congkak,tentang rasa yng tersimpan disudut hati,dan juga tentangmu,ya tentangmu yang selalu tetap menjadi yng pertama dalam hidup ini.

  188. Celentang. Tiduran. Huahhh.

  189. ~~~\o/

  190. Hi there mates, its wonderful article concerning educationand entirely explained,
    keep it up all the time.

  191. hmmm masas asich

  192. Thank’s Bro..

  193. Oke

  194. yang penting sopan

  195. Sepi….

  196. nama: ganteng
    umur: tidak diketahui
    hoby: makan, tidur, ga pake mandi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: